6 Destinasi Wisata Jakarta Murah Meriah

Destinasi wisata Jakarta – Seperti yang diketahui, Jakarta merupakan ibukota dan sekaligus menjadi pusat pemerintahan negara Republik Indonesia. Hal tersebut pun membuat kota Jakarta seakan memiliki magnet tersendiri bagi banyak orang. Sehingga tidak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi oleh pendatang baru hampir setiap tahunnya. Bicara tentang Jakarta memang tidak ada habisnya apalagi jika membahas tentang tempat wisata di sana. Dibalik kemacetan dan kepadatan penduduknya, ternyata Jakarta memiliki berbagai tempat liburan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda jumpai di kota Jakarta. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga hingga wisata belanja semua tersedia banyak di sana. Bagi yang sekarang ini sedang berencana untuk melakukan liburan ke Jakarta bersama keluarga atau teman terdekat. Tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan terkait beberapa pilihan tempat wisata di bawah ini. Langsung saja berikut beberapa destinasi wisata Jakarta yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Monumen Nasional

Sudah pernah mendengar tentang Tugu Monas? Pasti sebagian besar dari Anda sudah pernah mendengar ataupun melihat ikon dari negara Indonesia ini. Monumen Nasional atau biasa  merupakan sebuah tugu yang terdapat di pusat ibukota Jakarta. Monumen ini adalah sebuah bangunan tinggi ibu kota dengan ketinggian sekitar 32 meter. Perlu diketahui bahwa Monumen Nasional atau Tugu Monas ini menjadi simbol kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satu destinasi wisata di Jakarta yang murah meriah ini beroperasi setiap hari. Untuk jam bukanya sendiri yakni mulai dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Namun untuk setiap hari senin pada setiap akhir bulannya, monumen ini ditutup untuk umum. Lalu berapa harga tiket masuk ke Monas? Untuk harga tiketnya sendiri masih sangat terjangkau, pengunjung dewasa hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk mahasiswa dan anak-anak dikenakan tarif sekitar Rp 2.000-Rp3.000 saja. Tentu sangat terjangkau sekali, bukan?

2. TMII/ Taman Mini Indonesia Indah

Selanjutnya objek wisata keluarga yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat dengan nama TMII. Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini sangat cocok bagi semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Di tempat ini pengunjung bisa melihat rumah-rumah adat khas Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Sehingga tidak heran jika tempat wisata ini sering disebut sebagai miniatur nya negara Indonesia.

Selain bisa menikmati berbagai rumah adat, pengunjung juga bisa melihat taman, museum, beragam tempat ibadah dan masih banyak lagi. Tempat wisata di Jakarta yang memiliki luas 150 hektare ini berlokasi di Jakarta Timur. Untuk jam operasionalnya, TMII buka setiap hari senin sampai minggu. Sedangkan untuk harga tiket masuknya sangatlah bervariasi atau berbeda-beda pada setiap wahana nya.

3. Kebun Binatang Ragunan

Suka berwisata sambil belajar? Tempat wisata Kebun Binatang Ragunan ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Sesuai dengan namanya tempat wisata ini bertema flora dan juga fauna yang mana begitu unik dan menarik. Objek wisata Kebun Binatang Ragunan ini berlokasi di Jalan Harsono No 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Perlu diketahui bahwa Kebun Binatang ini salah satu kebun binatang terlengkap di Indonesia. Di kebun binatang Ragunan terdapat kurang lebih 270 spesies binatang dan 171 spesies bunga dan tanaman.

Kebun yang dibangun pada tahun 1864 ini memiliki luas sekitar 140 hektare. Tempat wisata murah meriah di Jakarta ini selalu menjadi tujuan liburan keluarga terutama saat libur tiba. Untuk bisa masuk ke area Kebun Binatang Ragunan, pengunjung terlebih dahulu harus membayar tiket masuknya. Harga tiket masuk ke Kebun Binatang ini sebesar Rp 4.000 per orang untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 saja per orang. Tentu harga tiket tersebut sangat terjangkau sekali, bukan?

4. Kepulauan Seribu

Objek wisata alam yang bagus di Jakarta yang wajib untuk dicoba adalah berwisata ke Kepulauan Seribu. Seperti yang diketahui, Kepulauan Seribu sendiri merupakan salah satu objek wisata di Jakarta yang memiliki nuansa alam atau bahari. Sesuai dengan namanya, di Kepulauan Seribu ini terdapat beberapa pulau yang tentu saja sangat indah dan memukau. Beberapa pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu seperti Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan dan masih banyak beberapa pulau lainnya.

Perlu diketahui objek wisata alam di Jakarta ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya. Tidak hanya saat akhir pekan atau liburan saja, para pengunjung juga banyak datang ketika hari biasa. Tentu saja ada alasan mengapa banyak orang tertarik untuk berwisata ke tempat ini. Beberapa daya tarik yang dimiliki yakni keindahan laut yang sangat biru dan membentang luas, pasir putih yang bersih dan beberapa permainan air lainnya. Nah bagi yang sekarang ini sedang mencari tempat wisata alam di Jakarta, Kepulauan seribu bisa jadi pilihan yang tepat.

5. Kota Tua

Ingin menikmati suasana Jakarta Tempo dulu atau biasa dikenal dengan Batavia? Maka Anda wajib untuk datang ke tempat wisata Kota Tua. Di tempat wisata ini para pengunjung akan disuguhkan dengan suasana masa lalu yang didukung dengan desain bangunan yang begitu klasik. Bagi yang ingin mengelilingi Kota Tua ini sambil bersepeda, maka Anda memanfaatkan sepeda ontel yang disewakan oleh pihak pengelola. Sehari berkeliling dan menikmati suasananya, jangan lupa untuk berkunjung ke museum yang letaknya tidak jauh dari sana.

Hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 sampai Rp 5.000 saja, Anda bisa mendapatkan pengetahuan terkait sejarah Kota Jakarta. Nah, puas berkeliling dengan menggunakan sepeda tidak ada salahnya untuk mampir ke beberapa warung yang tersedia di sekitaran lokasi wisata. Di sana Anda bisa menemukan berbagai menu makanan Khas Jakarta yang sangat enak dan murah. Jadi jangan sampai Anda melewatkannya saat berkunjung ke Kota Tua ini.

6. Planetarium

Satu lagi objek wisata yang tidak kalah keren dan menarik adalah tempat wisata Planetarium Jakarta. Bagi yang ingin berlibur ke sini, sangat pas jika membawa serta keluarga terutama anak-anak sebagai media edukasi melalui wisata. Di sini anak Anda akan ditunjukkan berbagai planet-planet dan dunia luar angkasa yang begitu menakjubkan. Tentu liburan mereka akan semakin dan menyenangkan, bukan?

Nah untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, para pengunjung harus membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Untuk orang dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp 7.000 dan untuk anak-anak akan dikenakan tarif Rp 3.500. Bagaimana sangat terjangkau sekali, bukan? Perlu diketahui bahwa tempat wisata planetarium ini buka setiap hari selasa sampai dengan hari minggu.

Demikian beberapa destinasi wisata Jakarta yang menarik namun tetap murah meriah. Beragam pilihan wahana tempat wisata di Jakarta akan semakin membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama berada di kota ini. Semoga informasi yang disuguhkan bermanfaat dan membantu Anda menemukan destinasi wisata menarik di Jakarta.

6 Destinasi Wisata Jakarta Murah Meriah | Astried | 4.5