8 Tempat Wisata di Pangandaran yang Indah dan Mengagumkan

8 Tempat Wisata di Pangandaran – Merupakan sebuah kabupaten yang berda di ujung timur Provinsi Jawa Barat . Dan Berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Kota Banjar Patroman di bagian utara, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah di bagian timur, Kabupaten Tasikmalaya di Barat, dan selatan samudra Hindia. Di Kabupaten Pangandaran ini banyak sekali destinasi wisata yang harus di jadikan tujuan saat berlibur.

Berikut 8 tempat wisata di Pangandaran:

  1. Pantai Pangandaran

Rasanya tidak afdol jika ke Pengandaran tapi tidak mengunjungipantainya. Pantai pangandaran adalah tempat wisata favorit bagi wisatawan yang berkujung ke Pengandaran. Lokasinya berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Jika Anda dari jakarta kearah Bandung trus ke Tasikmalaya kemudian ke arah Ciamis, setelah dari cimamis kemudian kearah Banjar Patroman,dari Banjar patroman arah selatan sekitar 40 km.

Di Pantaipangan daran ini wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah, di pantai ini wisatwan juga bisa berenang dan juga meliaht taman laut. Pantai ini juka terkenal dengan pasirnya yang putih.Untuk menuju pantai pasir putih, wistawan bisa jalan kaki atau juga menyewa kapal.

  1. Pantai Batu Karas

Letaknya di Desa Batukaras, sekitar 34 km dari Pangandaran. Pantai ini merupakan kawasan wisata dengan suasana yang tenang dan gelombang lautnya yang kecil dan sangat bersahabat, sehingga Anda bisa berenang dan dipastikan akan betah berlama-lama berenang dan menikmati keindahan pantai disini.

Pantai ini juga sangatt cocok untuk berselancar karena pantainya merupakan paduan pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran. Wisatawan juga dapat menyewa hotel atau juga penginapan yang ada di sekitar pantai,supaya bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah di pantai ini.

  1. Curug Bojong

Dahulu curug atau air terjun ini namanya Curug Sawangan. Namun sekarang ini lebih terkenal dengan nama Curug Bojong dikarenakan air sungainya berasal dari Kampung Bojong. Jika wisatawan ingin menuju lokasi ini dari Pantai Pangandaran, Maka ambilah arah Babakan kemudian kearah Sukahurip dengan jarak kurang lebih 6 km saja.Untuk alamanynya di jalan Merdeka Sukagurip, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

  1. Santirah River Tubing

Apakah Anda penyuka wisata air yang memacu adrenalin? Anda bisa mendatangi Santirah River Tubing. Sejak di bukanya santinah sebagai tempat wisata yang berada di desa salasari, kecamantan parigi, Kab.Pangandaran. Di para pengunung akan menikmati keseruan berarung jeram tidak memakai perahu karet yang bisa untuk bermain arung jeram, tetapi dengan menggunakan ban yang besar.

Arus di sungai Santirah yang berada di Ds Selasari dan pastinya akan membuat wisatawan basah kuyup lengkap dengan sensasi yang luar bisa terombang ambing di antara arus dan bebatuan sungai Santirah. Untuk menuju lokasi ini dari pangandaran sekitar 15 kilometer.

  1. Saung Muara

Kalau Anda mencari pantai yang bisa dijadikan lokasi untuk berkemah beserta keluarga,teman atau sahabat, maka Saung Muara inilah tempatnya. Lokasinya di ujung Jalan Pamugaran, temoat ini dapat di tempuh dari pintu masuk Pangandaran, belok kanan sekitar 1 kolometer. Anda akan melihat pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk dan mangrove yang ada disekelilingnya.
Di saung Muara, Anda juga dapat menikmati pemandangan para nelayan yang mencari ikan. Saung ini mempunyai beberapa fasilitas seperti gazebo dan mushola. Anda juga bisa menikmati kuliner yang terdapat pada warung-warung sepanjang pantai. Menikmati pemandangan sunset sembari menyantap kuliner dengan teman sahabt ataupun keluarga dan pastinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan pada sini.

  1. Gua Sumur Mudal

Salah satu objek wisata keren lainnya pada Pangandaran adalah Gua Sumur Mudal yaitu sebuah gua yang memiliki relief-relief indah dan juga adanya stalaktit dan stalagmit yang berbentuk sangat unik. Bahkan pada beberapa relief yang muncul pada Gua Sumur Mudal mirip dengan relief-relief yang muncul pada sebuah candi.

Tak berbeda dengan relief-relief dindingnya, beberapa stalaktit dan stalagmit juga mempunyai bentuk yang unik dan agak sedikit mistis sebab berbentuk seperti tenggorokan manusia. Gua ini berada pada Cagar Alam Pangandaran jadi anda bisa mengaksesnya saat berlibur ke pantai Pangandaran.

Gua ini diberinama Sumur Mudal karena konon ceritanya dahulu didalam gua ada sebuah sumur yang airnya tumpah ruah atau dalam bahasa sundanya mudal sehingga airnya tumpah sampai keluar dari gua. Objek wisata inijua bisa menjadi pilihan lain selain pantai Pangandaran.

  1. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh atau lebih terkenal dengan nama Grand Canyon adalah sebuah tempat wisata yang mirip dengan Grand Canyon yang berada Colorado Amerika.

Apa yang membuatnya unik sebab tebing-tebing yang berada pada Cukang Taneuh membentuk sebuah gua. Pengunjung bisa memakai perahu untuk melalui sungai Cijulang dan melihat stalaktit dan stalagmit yang muncul pada Cukang Taneuh.

Kondisinya sedikit menguras adrenalin sebab traveler dihadapkan pada lingkungan yang sedikit misterius. Di bagian verbal gua terdapat sebuah air terjun yang menciptakan nuansanya semakin eksotis.

Untuk menikmati destinasi wisata disini wisatawan dapat menggunakan sampan yang disewakan oleh pihak pengelola, harganya juga tidak terlalu mahal yaitu Rp. 75.000,- dan muat untuk 5 orang. Objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat berada pada Pangandaran.

  1. Pantai Batu Hiu

Jika kita mendengar namanya mungkin sepintas bahwa pantai ini merupakan habitat hiu-hiu buas, namun ternyata bukan sebab nama hiu tersebut diambil dari sebuah karang yang menyerupai seekor hiu.

Pantai Batu Hui ini sangatlah indah dan juga bisa menjadi destinasi wisata alternatif terbaik setelah pantai Pangandaran. Persis pada depan pantai terdapat bukit yang bisa dinaiki oleh pengunjung.

Pengunjung bisa melihat ajaibnya pemandangan samudra hindia dengan desiran ombaknya yang mistis. Apalagi saat sunset, panorama alam sempurna bisa pengunjung lihat diatas bukiy Pantai Batu Hiu.

Bagian menarik dari Pantai Batu Hiu ini adalah pintu masuknya, yaitu ketika pengunjung wajib melewati sebuah pintu berbentuk kepala hiu besar dan untuk kemudian memasuki sebuah gua yang merepresentasikan verbal hiu.

Tempat wisata ini sangat indah dan eksotis, cocok sekali untuk bersantai sembari menikmati tenangnya suasana pantai.

Itulah 8 Tempat Wisata di Pangandaran yang dapat menjadi refernsi berlibur untuk keluaraga dan kerbat.

8 Tempat Wisata di Pangandaran yang Indah dan Mengagumkan | adminwisatajkt | 4.5