Wisata Pulau Derawan yang Indah dan Eksotis di Kalimantan Timur

Mendengar nama derawan, apa yang ada dibenak kalian? Pantai putih dan eksotis, air laut yang biru, atau terumbu karang yang rupawan? Ayo kita simak lebih jauh tentang pulau Derawan.

Bagaimana Cara kita ke Pulau Derawan? Hampir semua jalur bisa dipakai ketika hendak menuju Pulau Derawan, masing- masing jalur terkadang memiliki alternatif lain, tentu terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing, tinggal sesuaikan saja dengan keadaan atau buget anda. Berikut informasinya.

Jalur Udara – Bagi wisatawan yang berada di luar Kalimantan, tentu harus melaui jalur udara untuk bisa sampai ke Balikpapan, Kalimantan Timur, gerbang primer berasal perjalanan menuju Pulau Derawan. Setelah tiba di Balikpapan, perjalanan memiliki 2 alternatif.

Yang Pertama, lewat Tarakan, kelebihan lewat jalur tarakan yaitu lebih murah dan banyak pilihan
penerbangannya. Namun akan memakan waktu lama kepada saat penyeberangan menuju Pulau Derawan dan harus menyewa speed boat. Jalur ini cocok bagi anda yang pergi bersama rombongan.

Yang Kedua, bisa lewat Berau,disana banyak yang menyediakan mobil travel dan siap mengantarkan ke Tanjung Batu dan juga speed boat untuk penyeberangan ke Pulau Derawan. Lewat Berau lebih cocok bagi traveler yang sendirian. dan juga Ada beberapa pilihan Maskapai untuk menuju Balikpapan seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya, Wings dan Kalstar.

Untuk Jalur Darat – Jalur Darat biasanya dipakai oleh wisatawan yang masih dalam wilayah Pulau Kalimantan. Dapat ditempuh menggunakan bus atau mobil travel. untuk rute atau arahnya sebagi berikut: dari Palangkaraya menuju Banjarmasin kemudian ke Balikpapan terus ke Samarinda di lanutkan lagi ke Tanjung Redeb setelah itu ke Tanjung Batu kemudian ke Pulau Derawan.

Hotel & Resort – Selama di Pulau Derawan, anda tidak perlu khawatir dengan Penginapan, karena terdiri beberapa pulau yang terdapat di sekitar Pulau Derawan maka banyak masyarakat yang menyediakan tempat penginapan, hotel atau resort. Beberapa di antaranya yaitu: Sari Cottage Derawan, Penginapan Ilham,Maratua Paradise Resort, Mirroliz Pelangi Cottage, dan home stay yang biasanya disediakan oleh masyarakat sekitar.

Obyek dan Kegiatan Wisata – Pulau Derawan menawarkan berbagai obyek menarik yang mungkin tidak dijumpai dilain tempat. Keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak jenis ikan disini sekita 1.051 spesies yang terdapat di perairan laut diantaranya Gobes (Gobiidae), Wrasses (Labridae), dan Damselfishes (Pomacentridae) dan jenis-jenis terumbu karang membuat wisatawan yang berkunjung ke sini selalu menyempatkan untuk melakukan diving dan snorkeling. Bagi anda para penyelam, di pulau ini terdapat beberapa Dive Centre dengan peralatan yg lengkap. Terkadang beberapa ikan seperti ikan pari biru (Manta Rays) yg memiliki lebar mencapai 3,5 – 6 meter, paus, lumba-lumba dan beraneka ragam spesies ikan
karang dapat kita saksikan secara langsung. Hewan penyu juga simpel dijumpai karena di pantai Derawan menjadi tempat bagi para penyu singgah dan bertelur. Jika ingin mengelilingi Pulau Derawan, cukup berjalan kaki sambil berinteraksi dengan warga sekitar tentu hal yg menyenangkan yg bisa anda lakukan. Untuk mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Derawan, anda bisa menyewa speed boat sesuai dengan kapasitas orang, speed boat dengan muatan 3-4 orang harga sewanya sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 sedangkan speed boat kapasitas 6 -12 sekitar Rp 8.000.000 – Rp 10.000.000.

Obyek Wisata Pantai Derawan dan Sekitarnya

Sestelah sampai di Pulau Derawan yang biaya masuknya gratis alias free, di pulau ini tidak hanya pantainya saja yang akan menjadi pusat perhatian Anda, namun beberapa pulau di sekitarnya juga boleh menjadi destinasi wisata dan dapat dinikmati bersama keluarga, seperti Pulau Sangalaki, Kakaban, dan Maratua. Beberapa pulau disini mempunyai ciri tersendiri, dimana anda pastinya akan disuguhi pemandangan yang tak kalah keren dengan pantai- pantai di Indonesia lainya.Di sini Perahu juga tersedia untuk para pengunjung yang ingin ke pulau-pulau tersebut, namun harga yang harus dibayar sekitar Rp 700 ribu untuk setiap kapal yang disewa.

Berikut ini adalah beberapa obyek wisata menarik yg ada di sana :

1.Pulau Kakaban

Pulau Kakaban merupakan salah satu obyek wisata pantai wajib yang bisa dikunjungi oleh wisatwan,dan yang sangat istimewa di pulau ini yaitu terdapat Danau Kakaban. Uniknya danau ini adalah airnya merupakan air campuran,antara air laut dan air tawar.

Sejumlah biota laut pun bakal dijumpai di danau ini yang salah satunya adalah berupa ubur-ubur lucu. Tenang saja, ubur-ubur tersebut tidaklah menyengat seperti yang biasa Anda lihat dan tonton di film kartun Spongebob.pengunjung yang datang kesini bisa melihat keindahan Danau Kakaban. Danau Kakaban adalah air laut yang terjebak di Pulau Kakaban. Tidak hanya air laut saja yang mendominasi air danau kakaban namun juga air tanah dan juga air hujan yang terjebak di danau tersebut.

2.Pulau Sangakali

Inilah salah satu pulau yang dapat anda kunjungi ketika berada di Pantai Derawan dan bagi anda penggemar snorkeling, ada beberapa spot yang bagus dan sayang untuk dilewatkan. Manfaatkan waktu selama di Pantai Derawan untuk bermain-main di Pulau Sangalaki di mana berkegiatan snorkeling akan membawa Anda melihat ikan-ikan badut yg lucu dan elok yg ada di balik terumbu karang. Beragam biota laut yg ingin Anda abadikan dengan kamera ada di sini. Di sini juga dapat di jumpai ikan pari,Sekelompok ikan pari tersebut bisa sampai di pulau ini dengan tujuan mencari makan karena di perairan Pulau Derawan memiliki beragam jenis plankton. Spot lainnya yg bagus untuk dikunjungi adalah penangkaran penyu hijau sebab hewan ini termasuk langka.

3. Pulau Maratua

Yang ketiga yaitu Pulau Maratua, Pulau ini akan membuat liburan Anda terasa lebih lengkap dan menyenangkan dengan hamparan lautnya yang biru.Pulau dengan banyak sekali pesona ini pun masih tergolong jarang terjamah sehingga masih sangat alami bersih.Apalagi bagi yang sedang berbulan madu pantai ini sangat cocok seklai untuk di jadikan tujuan.

Untuk menuju kesana bisa menaiki Speedboat.Dengan naik Speedboat, perjalanan sekitar 1 jam saja waktu yang perlu ditempuh. Tempat ini bagaikan surga bagi para penyelam, jadi sudah tidak heran bila para wisatawan asing sangat begitu mengagumi dan mengidolakan tempat ini walau harga yang ditawarkan lumayan sangat mahal, disertai dengan spot diving yg banyak. Penggemar aktivitas diving yang memiliki budget lebih wajib mencoba diving di tampat ini.

Wisata Pulau Derawan yang Indah dan Eksotis di Kalimantan Timur | adminwisatajkt | 4.5