Cari Universitas Murah di Jakarta? Intip Yuk Daftarnya

Cari Universitas Murah di Jakarta? Intip Yuk, Biayanya Bikin Geleng Kepala

Fasilitas Jakarta– Mungkin bagi sebagian orang, mencari universitas murah di Jakarta rasanya mustahil. Apalagi reputasi ibukota negara terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Lalu apakah ada kampus-kampus di Jakarta yang membanderol biaya kuliah terjangkau? Jangan salah, meskipun berada di Jakarta, bukan berarti semua biaya pendidikan jadi mahal. Anda masih bisa kok menemukan beberapa perguruan tinggi yang biaya kuliahnya miring. Sebenarnya patokan mahal atau tidaknya biaya pendidikan tergantung persepsi masing- masing individu. Ada yang mengatakan bahwa biaya kuliah sebesar 3 juta itu mahal, namun ada juga yang mengatakannya murah. Sedangkan yang akan dibahas di sini adalah biaya kuliah universitas murah di Jakarta dengan nominal di bawah rata-rata universitas lainnya. Jadi, langsung saja yuk kita simak bersama.

Universitas Bung Karno (UBK)


Pertama ada Universitas Bung Karno yang menjadi salah satu universitas murah di Jakarta. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Soekarno. Lokasinya di Jalan Pegangsaan Timur No. 17A, Menteng, Jakarta Pusat. Program studinya terdiri dari Sarjana dan Pascasarjana. Biaya kuliah untuk program Sarjana mulai dari 4 juta rupiah saja per semesternya. Pembayaran ini pun dapat dicicil selama 6 kali.

Universitas Jayabaya 

Universitas murah di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Jayabaya. Kampus ini beralamat di Jalan Pulomas Selatan kav 23, Jakarta Timur. Biayanya yang murah sudah banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Untuk kategori SPP jenjang Diploma 3 dibanderol mulai dari 2 jutaan rupiah saja, sedangkan biaya per sksnya hanya 170 ribu rupiah. Sementara untuk jenjang S1 biaya SPP mulai dari 4 juta rupiah dan biaya per sks 200 ribu rupiah. Biaya ini pun dapat diangsur sampai 2 kali pembayaran.

Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA)


Universitas Indrraprasta PGRI (UNINDRA) menjadi universitas murah di Jakarta berikutnya. Perguruan tinggi yang beralamat di Jalan Nangka No. 58C Jagakarsa, Jakarta Selatan ini sampai sekarang mempunyai 3 fakultas yang terdiri dari 12 program studi. Selain itu, UNINDRA juga mempunyai program Magister dengan 4 program studi. Lalu berapa biaya kuliah yang harus dikeluarkan? Tenang saja, UNINDRA memasang tarif yang sangat
terjangkau. Biaya SPP yang dikeluarkan hanya 900 ribu rupiah untuk kelas reguler, 1,08 juta rupiah kelas sore dan 1,8 juta rupiah bagi kelas ekstensi.

Baca Juga : 10 Universitas Negeri dan Swasta Terfavorit di Jakarta

Universitas Terbuka (UT)


Bila Anda termasuk orang yang memiliki jadwal padat dan tidak sempat datang ke kampus, maka bisa coba kuliah di Universitas Terbuka. Walaupun disebut sebagai UT, namun salah satu universitas murah di Jakarta ini statusnya sudah negeri. Anda dapat mengikuti program kuliah dari jarak jauh dengan menggunakan media, baik media cetak maupun online seperti internet. Biaya kuliah untuk UT sendiri tergolong murah, yakni mulai dari 1 jutaan rupiah.

Sedangkan jika Anda mengambil paket semester penuh, maka uang kuliah hanya menghabiskan sekitar 2 jutaan rupiah saja.

Bina Sarana Informatika (BSI)


Perguruan tinggi Bina Sarana Informatika atau BSI mungkin sudah tak asing bagi Anda. Pasalnya, iklan kampus ini kerap muncul di televisi. Di sisi lain, BSI juga terkenal dengan biaya kuliah termurah. Sehingga tak heran bila dinobatkan sebagai satu universitas murah di Jakarta. Anda cukup mengeluarkan 1,3 juta rupiah per semester untuk jenjang Diploma 3. Sedangkan jika memilih program dual campus, maka biayanya sekitar 2,1 juta rupiah per
semester. Terakhir adalah twinning program yang hanya menghabiskan 1,8 juta rupiah per semesternya.

Sekolah Tinggi Teknologi 10 November (STT 10 November)


Ada lagi universitas murah di Jakarta yang sangat direkomendasikan untuk Anda, yakni Sekolah Tinggi Teknologi 10 November (STT 10 November). Perguruan Tinggi ini terletak di Jalan Raya Bogor No. 1, Kramat Jati, Jakarta Timur. Program studi unggulan dari STT 10 November adalah program Sarjana Sistem Komputer. Biaya SPP yang harus dibayarkan per semesternya 1,8 juta rupiah. Murah kan?
Jadi, sudahkah Anda memutuskan universitas murah di Jakarta mana yang akan dijadikan sebagai tempat kuliah? Sesuaikan lagi semua biayanya dengan kemampuan yang dimiliki. Anda bisa melihat di situs web masing-masing kampus untuk mengetahui infonya lebih lengkap.

 

Leave a Comment