Wisata Asyik dan Seru di Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol menjadi tempat wisata yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Wisata keluarga ini sering kita jumpai di iklan televisi swasta maupun di berbagai baliho besar pinggir jalan. Kepopuleran dari tempat wisata ini akan selalu ramai dikunjungi ketika waktu libur telah tiba. Berikut ini beberapa informasi penting mengenai Taman Impian Jaya Ancol.

Alamat dan Rute Menuju Taman Impian Jaya Ancol

foto: https://www.instagram.com/dimasaditya.l/

Taman Impian Jaya Ancol terletak di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi setiap hari dengan jam operasional yang berbeda-beda. Hari Senin sampai Jumat mulai dari jam 10.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan libur nasional mulai dari jam 10.00 hingga 20.00 WIB.

Rute perjalanan menuju Taman Impian Jaya Ancol cukup mudah. Anda bisa sampai dengan mudah hanya dengan bantuan penunjuk-penunjuk arah yang ada di beberapa jalan utama. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi untuk sampai disana.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengarah menuju Stasiun Juanda kemudian ke jalan Pasar Baru. Setelah itu lanjut ke Lapangan Banteng selanjutnya ke Lapangan Gunung Sahari. Setelah sampai disana, arahkan kendaraan Anda menuju Mangga Dua kemudian sampai di Taman Impian Jaya Ancol.

Jika Anda masih kebingungan, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi google map yang ada di smartphone. Tempat wisata yang satu ini sudah terdaftar di google map sehingga memudahkan Anda dalam mengakses rute perjalanan menuju Ancol.

Wahana Seru di Taman Impian Jaya Ancol

1. Dunia Fantasi (Dufan)

foto: https://www.instagram.com/rianaaqueen/

Dunia Fantasi atau sering disingkat Dufan menjadi salah satu wahana Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara Daerah Khusus Ibukota Jakarta terfavorit. Dufan menyuguhkan berbagai macam hiburan outdoor dan berbagai fasilitas belajar yang lengkap bagi para pelajar. Wahana yang satu ini dibuka pada tanggal 29 Agustus 1986.

Area Dufan disediakan 40 wahana permainan dan atraksi seru yang bisa dinikmati oleh setiap wisatawan. Dufan juga memiliki berbagai atraksi modern seperti atraksi Niagara, Kora-kora, Bianglala, Poci-poci, Halilintar, Hysteria dan masih banyak lagi. Dufan juga memiliki wahana baru seperti Star Wars, Tornado, Kicir-kicir, Meteor Attack yang wajib Anda coba.

Tidak berhenti sampai disitu, Dufan terus memberikan inovasi-inovasi terbaru agar para wisatawan tidak bosan untuk datang lagi kesana. Misalnya karet Le Bellers, Cicrus Kid Euro dan Cicrus Rusia. Untuk memasuki wilayah Dufan, setiap wisatawan akan dikenakan tarif yang berbeda yaitu ketika hari biasa atau hari libur. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, wisatawan dapat memilih paket wisata yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

2. Ocean Dream Samudra (Gelanggang Samudra)

foto: https://www.instagram.com/mtsn4sleman/

Wahana yang tidak kalah serunya di Taman Impian Jaya Ancol yaitu Ocean Dream Samudra. Wahana ini menjadi tempat untuk menyaksikan atraksi cerdas lumba-lumba, anjing laut, singa laut dan aneka satwa lainnya. Ocean Dream Samudra atau lebih dikenal Gelanggang Samudra memberikan kesempatan pada wisatawan untuk mengenal satwa laut secara lebih dekat.

Gelanggang Samudra menyuguhkan nuansa konservasi alam untuk memberikan pengalaman pada wisatawan untuk lebih mengenal dan menyayangi satwa. Selain itu, wahana yang satu ini juga dilengkapi dengan akuarium kecil dan teater 4 dimensi. Anda bisa memberikan proyeksi film dengan gambar 3D yang akan membuat Anda semakin seru untuk menontonnya.

3. Atlantis Water Adventure (Atlantis Ancol)

foto: https://www.instagram.com/atlantiswateradventures/

Atlantis Water Adventure atau sering disebut Atlantis Ancol mengusung tema mitologi dunia bawah laut Atlantis. Wahana yang satu ini memiliki luas sekitar 5 hektar. Ada berbagai fasilitas seru yang bisa Anda nikmati. Seperti kolam renang anak, kolam bola pelangi, kolam air terjun, dan beberapa food court yang diimpor dari luar negeri.

Meskipun wahana yang satu ini masuk dalam Taman Impian Jaya Ancol, tetapi Anda harus membeli tiket lagi untuk memasuki wahana Atlantis Ancol. Harga masuk wahana yang bertema petualangan air ini cukup terjangkau, meski tidak tergolong murah.

4. Ocean Ecopark

foto: https://www.instagram.com/avinasiw_/

Wahana yang tidak kalah serunya yaitu Ocean Ecopark yang dulunya merupakan padang olahraga golf. Seiring berjalannya waktu, ocean ecopark dibuat menjadi taman wisata tematik dengan mengambil tema pendidikan botani sekaligus petualangan.

Wisatawan bisa bermain aneka ragam permainan ketangkasan khas outbond, menyusuri danau, pasar, paint ball, dan berbagai sarana pengetahuan mengenai pertanian dan tanaman. Letak loket tiket Ocean Ecopark terpisah dengan loket Ancol, sehingga Anda harus membeli tiket lagi ketika ingin memasuki wahana yang satu ini.

5. Seaworld

foto: https://www.instagram.com/larassafi/

Salah satu wahana yang ada di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol Dulunya adalah Hutan yang banyak diminati para wisatawan yaitu Seaworld. Wahana yang satu ini tentu sangat familiar bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Seaworld menyuguhkan hiburan sekaligus pendidikan mengenai biota laut.

Wahana ini memiliki sekitar 7.300 biota air tawar yang bisa Anda lihat dalam tampilan 28 display  berbentuk akuarium besar dan empat kolam terbuka. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan atraksi feeding Show yaitu aksi penyelam yang memberi makan biota laut. Anda membutuhkan uang sekitar Rp. 85.000 hingga RP. 100.000 ketika ingin memasuki wahana Seaworld Taman Impian Jaya Ancol.

6. Pasar Seni

foto: https://www.instagram.com/pasarseni_ancol/

Wahana yang masih tergolong baru di Taman Impian Jaya Ancol yaitu Pasar Seni. Jam operasional dari Pasar Seni yaitu mulai dari jam 09.00 hingga 17.00. Sesuai dengan namanya, tempat ini menjual berbagai jenis barang yang bisa menjadi oleh-oleh Anda. Misalnya lukisan, patung, kain tenun, batik, tembikar dan masih banyak lagi.

Pasar seni juga menyuguhkan aktivitas seni dari berbagai daerah di tanah air. Anda juga bisa menikmati berbagai karya kreatif sekaligus berinteraksi lewat workshop, pameran, diskusi, pemutaran film dan sebagainya. Pementasan musik sendiri juga bermacam-macam, baik musik modern maupun tradisional.

7. Alive Museum

foto: https://www.instagram.com/jalanbarengarif/

Harga tiket untuk memasuki area alive yaitu Rp. 100.000 saja. Anda bisa menikmati karya seni lukis dan seni rupa yang telah di modifikasi dengan teknologi digital yang ada disana. Alive Museum merupakan museum persembahan sebuah perusahaan yang ada di Korea. Bagi Anda yang suka selfie, wahana yang satu ini wajib dikunjungi. Nikmati berbagai spot foto yang unik dan menarik yang hanya ada di Alive Museum.

Selain itu, Imajinasi Anda juga akan ikut bermain ketika anda mencoba berbagai permainan seru yang ada di museum. Seperti Zona Fantasi, Zona Horor, Zona Ekstrim, Zona Travel, Zona Sirkus, Dark Riad dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan permainan dilengkapi dengan ilusi 3D.

Taman Impian Jaya Ancol bisa menjadi pilihan wisata seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun rekan Anda. Nikmati berbagai destinasi wisata asyik dan seru yang akan membantu menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas sehari-hari. Tidak hanya asyik dan seru, taman impian jaya ancol juga menjadi wadah edukasi bagi sang buah hati.

Wisata Asyik dan Seru di Taman Impian Jaya Ancol | Astried | 4.5