9 Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Populer

Tempat wisata alam di Jakarta banyak yang belum diketahui oleh masyarakat. Selain kota metropolitan yang dipenuhi dengan gedung tinggi, Jakarta yang padat masih memiliki banyak tempat wisata yang menyejukan. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta berkembang dengan baik, termasuk tempat wisatanya, baik wisata edukasi, wisata keluarga, maupun wisata alam.

Kota sibuk ini tak pernah sepi kendaraan, terutama di hari kerja. Setiap tahunnya jumlah pekerja di jakarta mengalami peningkatan. Hal tersebut berarti bahwa jumlah penduduk yang membutuhkan tempat liburan untuk menghilangkan kepenatan lelah bekerja semakin meningkat pula.

Nah berikut ini ada beberapa referensi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi untuk menyegarkan pikiran kembali. Kamu bisa berkunjung di akhir pekan, karena lokasi yang tidak jauh dari perkotaan.

1. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk Jakarta Utara

Wisata alam Mangrove Angke Jakarta Utara daerah khusus Ibukota Jakarta merupakan wisata alam yang paling populer dan termasuk kedalam tempat wisata kekinian di Jakarta. Kawasan mangrove ini beroperasi setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Kawasan seluas 99,82 hektar yang mulai di restorasi sejak 1998 ini, berhasil mengembalikan ekosistem mangrove yang lengkap. Kamu bisa menuju lokasi menggunakan Bus Transjakarta 1A jurusan PIK, Turun di halte Budha Tzu Chi.

Harga tiket masuk wisata alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta Utara yaitu Rp.25.000,- di hari kerja dan Rp.30.000,- di akhir pekan. Dengan harga tersebut kamu bisa berkeliling di hutan mangrove sepuasnya, menanam mangrove, mengamati burung, dan terdapat taman bermain anak juga.

2. Kebun Binatang Ragunan

Orang Jakarta Selatan tidak hanya terkenal dengan dua bahasanya tetapi juga kebun binatang terbesar di Jakarta. Tempat wisata keluarga ini akan dipenuhi pengunjung ketika hari libur. Harga tiket masuk juga sangat terjangkau, hanya Rp.5000,- dan banyaknya wahana yang tersedia, menjadi alasan lain untuk berkunjung.

Banyak jalan menuju lokasi. Salah satunya bisa menggunakan Transjakarta koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas. Atau kamu juga bisa naik Commuter Line, turun di Stasiun Pasar Minggu.

Untuk sistem pembayaran tiket, kamu harus punya JakCard keluaran Bank DKI. Jika belum punya, kamu bisa membeli kartu tersebut di loket masuk dengan harga Rp.30.000,- sudah termasuk saldo sebesar Rp.20.000,- Jangan khawatir kartu tersebut juga bisa kamu gunakan untuk naik transportasi umum, seperti Transjakarta.

3. Taman Cattleya Tomang Jakarta Barat

Taman Cattleya atau biasa juga disebut dengan Taman Tomang, berlokasi di perempatan Tomang yang menuju Tol Kebon Jeruk dengan luas hampir 3 hektar. Kamu bisa datang kapan saja tanpa dipungut biaya.

Taman ini memiliki area olahraga yang difasilitasi secara cuma-cuma. Selain kamu bisa berpiknik di taman bunga, kamu juga bisa jogging dan menemani buah hati bermain di area taman bermain anak. Taman ini juga terkenal sebagai tempat pemotretan dan lokasi syuting FTV.

Untuk menuju lokasi, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta dengan tujuan halte Rumah Sakit Harapan Kita. Kemudian melanjutkan perjalanan ke perempatan tomang. Tidak hanya itu, angkutan umum lain juga banyak yang melalui taman Cattleya ini.

4. Pulau Seribu Jakarta Utara

Siapa sangka jika kota yang terkenal dengan keramaian dan macet ini memiliki pantai dan pulau yang begitu indah. Nah, jika mencari tempat wisata alam di Jakarta, sangat direkomendasikan untuk berkunjung di pulau ini. Kamu akan menemukan banyak pulau cantik dan sejuk.

Kamu bisa berangkat dari Muara Angke dengan menggunakan boat. Atau kebanyakan wisatawan juga berangkat dari pantai mutiara yang berada di sekitaran Ancol. Butuh waktu sekitar dua jam untuk sampai di pulau Seribu.

Namun, waktu dan uangmu akan terbayarkan oleh suasana tenang pantai dan keindahannya. Beberapa pulau di pulau seribu yaitu Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Ayer, Pulau Bidadari, dan banyak lagi.

5. Taman Menteng Jakarta Pusat

Taman yang berada di tengah kota ini, menjadi paru-paru kota yang digunakan untuk bernapas lega. Sesaknya kota Jakarta akan terasa lega jika berkunjung kesini. Selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Taman Menteng juga berfungsi sebagai wisata pendidikan dan olahraga.

Fasilitas yang ada juga sangat mumpuni, diantaranya lahan parkir yang luas, taman bermain anak, jogging track, air mancur, lapangan futsal, dan lapangan basket serta bangku taman untuk nongkrong atau sekedar istirahat. Yang menjadi salah satu ikon taman yaitu rumah kaca.

6. Pantai Ancol Jakarta Utara

Jika hanya sekedar bersantai dan ingin bermain air, pantai Ancol sangat cocok dijadikan tempat tujuan. Pantai yang tak pernah sepi pengunjung ini menjadi tempat wisata populer untuk penduduk lokal maupun luar kota.

Keindahan pemandangan pesisir utara kota Jakarta terbagi menjadi beberapa tempat, diantaranya Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Ria Ancol, Pantai Indah Ancol, dan Beach Pool. Untuk masuk ke kawasan ini, kamu harus membayar tiket masuk di gerbang utama kawasan wisata pantai Ancol saja.

7. Telaga Arwana Cibubur

Taman ini berlokasi di Jalan Jambore, Pondok Ranggon, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jakarta Barat. Tidak seperti taman kota lain, taman Telaga Arwana tidak beroperasi di hari senin. Untuk hari lain, taman buka pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Taman ini mengangkat tema taman edukasi, dimana terdapat beberapa fasilitas edukasi yang tersedia. Diantaranya area outbound, paintball, flying fox, dan bercocok tanam. Selain itu terdapat juga kolam lumpur, kolam renang, saung bambu dan ATV. Nah yang menjadi ikon utama adalah kolam pemancingan ikan yang sangat luas.

8. Hutan Kota Kembangan Utara

Satu lagi tempat wisata alam di Jakarta Barat yang dapat menjadi ruang hijau kota, yaitu Hutan Kota Kembangan Utara. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Kp. Baru No 6, Kedoya Utara, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat. Buka setiap hari pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB.

Hutan ini belum terlalu ramai, sangat cocok untuk menenangkan diri dan beristirahat dari ramainya ibu kota. Hutan ini juga direncanakan akan dijadikan tempat penangkaran kupu-kupu.

9. Taman Suropati, Menteng Jakarta Pusat

Taman Suropati beroperasi selama 24 jam, kamu bisa datang kapan saja. Taman ini ramai dikunjungi ketika malam hari, karena banyak penjual makanan di sekitaran taman. Namun, tidak sedikit juga yang berkunjung di pagi hari. Kebanyakan dari pengunjung senang lari pagi dan berolahraga memanfaatkan fasilitas yang ada.

Taman ini beralamat di Jalan Taman Suropati, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Terdapat pohon rindang dan bangku taman yang sangat cocok untuk sekedar rehat atau nongkrong bersama teman.

Tempat wisata alam di Jakarta lebih ramai dikunjungi oleh penduduk lokal. Biasanya, wisatawan luar kota lebih memilih wisata metropolitan dan tempat wisata yang menjadi ikon kota Jakarta.

Bagi kamu wisatawan luar kota, jangan lupa mampir Monas, sebagai tanda bahwa kamu sudah resmi menginjakan kaki di Jakarta. Kamu juga bisa naik Bus tingkat Gratis yang disediakan untuk wisatawan kota Jakarta. Bus tersebut hanya beroperasi sampai pukul 5 sore ya, jadi jangan sampai lewat dari jam itu.

9 Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Populer | Astried | 4.5