Pulau Lihaga Sulawesi Utara yang Menawan

Posted on

Bila anda mendengar kata ‘Sulawesi’, pasti yang terlintas pertama kali dibenak anda adalah keindahan bahari di pulau ini. Karena di pulau ini memang terdapat banyak sekali pantai dan pulau eksotis bagi anda pecinta olah raga air.

Salah satunya Sulawesi Utara. Sulawesi utara merupakan provinsi yang terletak di di ujung utara pulau Sulawesi dengan ibu kota nya Manado. Di Sulawesi Utara ini juga terdapat tanah Minahasa yang terkenal dengan tanahnya yang subur dan juga memiliki banyak pantai-pantai eksotis yang sudah cukup dikenal oleh wisatawan mancanegara yaitu Taman Laut Bunaken. Namun, di pulau ini terdapat pulau yang tak kalah cantik dengan keindahan Laut Bunaken, yakni Pulau Lihaga.

Lokasi Pulau Lihaga

Pulau Lihaga berada di kawasan Likupang Minahasa, Sulawesi Utara. Pulau Lihaga adalah pulau yang tak berpenghuni sehingga jika anda ingin mengunjungi pulau ini anda tidak akan menemukan penginapan, tempat makan, bahkan listrik. Namun, untuk fasilitas toilet sudah tersedia di pulau ini.

Adapun yang terkenal dari pulau ini adalah hamparan pasir putih yang halus yang terdapat di pantai pulai Lihaga. Selain itu, keindahan pesona bawah lautnya juga tak kalah menakjubkan dengan Laut Bunaken.

Biaya

Biaya yang diperlukan untuk menuju ke pulau Lihaga terbilang cukup lumayan mahal, karena pulaunya yang masih tak berpenghuni dan jarak tempuh yang jauh sehingga anda perlu menyewa perahu untuk menyebrangi pulau tersebut.

Sebaiknya, jika anda ingin menuju pulau Lihaga ajak rekan maupun wisatawan lain untuk bergabung dengan anda menyebrangi pulau Lihaga, karena biaya yang akan ditawarkan oleh para pemilik perahu sekitar Rp. 800.000 untuk 20 penumpang. Jadi anda dapat lebih berhemat apabila menyebrangi pulau dengan orang banyak.

Untuk menuju ke wisata pasir putih tersebut, anda akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 90 menit dari Kota Manado menuju Likupang (Pelabuhan Serei), kemudian setelah anda sampai di Likupang, perjalanan selanjutnya akan diteruskan dengan menggunakan perahu nelayan. Lamanya jarak yang ditempuh dari Likupang menuju pulau Lihaga sekitar 40 menit, dan sesampainya di sana anda diwajibkan membayar biaya masuk pulau sebesar Rp. 20.000 per orang.

Selain menikmati keindahan pantai putihnya, anda juga dapat diving dan snorkeling di pulau Lihaga. Karena keindahan laut tanah minahasa ini sudah tak diragukan sehingga banyak fotografer baik dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke sini untuk sekedar mengambil gambar keindahan alamnya yang masih alami.

Akomodasi

Seperti yang dijelaskan sejak awal, pulau Lihaga adalah pulau yang tak berpenghuni, jadi jika anda tak puas menikmati pesona pulau ini dalam sehari, anda dapat bermalam di pulau ini dengan syarat, anda membawa perlengkapan sendiri, seperti tenda untuk berkemah, makanan, perlengkapan mandi, kompor elektrik, serta kebutuhan lainnya.

Setelah anda selesai menyantap makanan anda, pastikan sisa-sisa bungkus makanan anda kumpulkan dan di bawa kembali demi menjaga kelestarian alam pulau Lihaga.

Jika anda ingin melakukan kegiatan snorkeling, anda harus menyiapkan dan membawa perlengkapan snorkeling sendiri, atau anda dapat menyewa perlengkapan tersebut di Likupang.

Bila anda tidak ingin pusing memikirkan sewa, akomodasi maupun lainnya, anda dapat menggunakan jasa tour travel. Karena saat ini sudah mulai banyak tour travel yang menyediakan perjalan wisata menuju pulau Lihaga.

Tunggu apalagi, dari pada anda berkunjung ke luar negeri, anda dapat memanfaatkan keindahan pesona alam bawah laut di negeri sendiri.

One thought on “Pulau Lihaga Sulawesi Utara yang Menawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *