Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura Banjarmasin – Kota Banjarmasin merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Banjarmasin juga biasa dijuluki Kota Seribu Sungai, karena di kota ini memiliki banyak sekaliĀ  sungai-sungai. Kota ini terletak di tepian timur Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura.

Maka tak heran jika kehidupan penduduk di sini banyak memanfaatkan sungai. Mulai dari kegiatan berdagang, berwisata, maupun untuk kegiatan sehari-hari. Penduduk di sini memanfaatkan perahu untuk berhilir mudik ke sana ke mari.

Namun tahukah anda, salah satu lokasi tepian sungai di kota ini, kini sedang menjadi incaran para pelancong untuk berwisata kuliner bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah. Tempat itu bernama Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura.

Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin telah meresmikan pusat kuliner yang terletak di Jalan Pos Sepanjang 300 meter yang menghubungkan Jalan Hasanudin HM dengan Jalan Sudirman dekat Jembatan Merdeka.

Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura atau yang dikenal dengan Sentra Kuliner Mandiri, karena lokasi ini didukung langsung oleh Bank Mandiri, menyuguhkan pemandangan sungai yang indah disertai dengan angin semilir dari pepohonan yang rindang, sehingga anda dan kerabat anda dapat bersantai dan bercengkrama dengan lama di sini.

Menu Makanan

Menu makanan di tempat ini didominasi dengan makanan dan kue tradisional daerah setempat. Makanan khas Banjarmasin yang disediakan di pusat kuliner ini seperti Amparan Tatak. Ketupat Kandangan, Laksa, dan lain-lain.

Selain itu, di sini juga disediakan makanan nasional lainnya seperti nasi goreng, soto, masakan jawa, masakan padang, dan masakan nusantara lainnya.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup banyak seperti meja, bangku dan payung bagi para pengunjung yang ingin menikmati kuliner di sini sambil memandangi keindahan sungai dan hilir mudik perahu-perahu.

Selain itu, disedikan juga wahana air seperti banana boat, jetski, perahu karet, dan permainan air lainnya.

Di sini juga akan diagendakan event-event seperti lomba perahu (Jukung) dan atraksi wisata lainnya yang dapat membuat para pengunjung menjadi betah untuk berlama-lama di Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura.

Salah satu kelebihan Kota Banjarmasin yakni dengan adanya banyak sungai alam sehingga memiliki pemandangan yang indah dan sejuk bagi kalangan wisatawan untuk menyusuri sungai. Apalagi di sekitar sungai terdapat pemukiman penduduk yang masih tradisional seperti rumah lanting, warung terapung, industri terapung dan lainnya sehingga dapat menaikan nilai budaya Kota Banjarmasin dan menarik perhatian wisatawan lokal, luar daerah, maupun wisatawan mancanegara.

Lokasi kuliner ini cukup strategis di pusat kota yang di kelilingi oleh hotel. Jadi bagi anda yang sedang berkunjung ke Kota Banjarmasin dan menginap di salah satu hotel yang berada di sana, anda dapat berjalan kaki maupun berjalan santai menuju Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura, karena di sekitar tepi sungai ini juga terdapat jogging track. Selain itu, di pagi hari terdapat aktifitas berdagang para penduduk sekitar sini dan pastinya aktifitas berdagang di sini tentu menggunakan perahu. Jadi anda dapat melihat, sekaligus membeli dagangan para penduduk.

"Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura Banjarmasin" By adminwisatajkt No Comments

ADD COMMENT