Daftar Tempat Liburan Di Jakarta Edukatif Untuk Anak

Posted on

Ada berbagai macam tempat liburan di jakarta yang baik untuk anak-anak. Tetapi hanya ada beberapa tempat liburan yang dapat memberikan edukasi yang sangat bermanfaat untuk perkembangan anak. Berikut ini adalah tempat liburan anak yang sangat edukatif.

1. Museum Wayang

Lokasi dari museum wayang berada di Jl Pintu Besar Utara No 27, Pinangsia, Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat. Tempat wisata tersebut dibuka setiap hari selasa-minggu. Waktu operasional museum wayang ini dari mulai pukul 09.00 WIB – 16.30 WIB.

Museum wayang adalah taman wisata di jakarta yang bertema budaya Indonesia, khususnya wayang. Dengan mengunjungi museum ini akan mengenal budaya wayang. Ada ratusan jenis koleksi wayang yang dipamerkan. Selain koleksi wayang, ada pula koleksi boneka khas, mulai dari Eropa hingga Colombia.

Lalu setiap hari minggu akan diadakan pementasan wayang. Jadwal pentas wayang dimulai pukul 10.00 WIB-14.00 WIB. Pertunjukan pentas wayang tersebut gratis.

Sedangkan untuk tarif tiket masuk khusus para lansia dan penyandang difable adalah gratis. Sementara untuk pengunjung dewasa, akan dikenakan tarif sebesar 5.000 IDR per orang. Untuk anak – anak sebesar 2.000. Sementara itu untuk para mahasiswa dan pelajar sebesar 3.000 IDR.

Khusus para mahasiswa dan pelajar harus menunjukkan kartu pelajar. Jika tidak menunjukkan kartu pelajar, akan dikenakan tarif normal.

Ada satu peraturan yang harus ditaati oleh pengunjung. Di museum wayang tidak diperkenankan mengambil gambar secara bebas. Sehingga setiap pengunjung yang hendak mengambil gambar, harus meminta izin terlebih dahulu.

2. Bricks 4 Kidz

Bricks 4 Kidz merupakan sarana wisata bermain sambil belajar. Anak-anak dapat bermain lego bricks sepuasnya. Walaupun permainan lego cukup sepele, namun mempunyai manfaat yang cukup besar bagi anak-anak.

Dengan mengenal cara menyusun lego, dapat melatih saraf motorik anak. Selain itu juga dapat meningkatkan kreativitas dengan menyusun lego sesuai dengan imajinasi. Daya pikir anak juga terlatih, sehingga sangat bagus untuk perkembangan serta melatih tingkat kemampuan daya pikir anak.

Hal yang paling bermanfaat bagi anak adalah kemampuan untuk bersosialisasi dengan yang lain. Sebab di Bricks 4 Kidz anak – anak akan bertemu dengan teman yang sama sekali tidak dikenal. Oleh sebab itu secara tidak langsung melatih sosialisasi anak – anak. Terutama bagaimana cara mereka berkomunikasi satu sama lain.

Bricks 4 Kidz ini mempunyai konsep “We Learn, We Build, We Play”, kita belajar, kita membangun dan kita bermain. Dengan mengajak anak bermain di Bricks 4 Kidz akan memperoleh suatu pelajaran yang sangat bermanfaat. Sebab area playground ini terfokus pada integrasi SETM ( Science, engineering, technology, and mathematics).

Di Bricks 4 Kidz terbagi ke dalam 3 jenis kelas. Pembagian kelas tersebut berdasarkan usia. Untuk jenis kelas di Bricks 4 Kidz antara lain:

3. Mommy and me class

Kelas ini khusus untuk usia 1-3 tahun. Di dalam kelas ini orang tua diizinkan untuk menemani anak bermain lego. Lego yang terdapat di kelas ini adalah jenis lego khusus, yaitu soft bricks lego. Ukuran legonya pun juga besar, jadi sangat tidak memungkinkan untuk tertelan anak.

4. Preschool class

Untuk kelas ini khusus usia 2-4 tahun. Lego yang tersedia di kelas ini mempunyai bentuk yang khusus, yaitu lego alfabet, lego huruf dan lego berbagai macam bentuk dan warna. Anak – anak pun akan mendapat pelajaran tentang huruf alfabet dan angka.

Selain itu juga dapat membedakan berbagai macam bentuk dan warna, seperti lingkaran, segitiga, bintang, trapesium dan lain-lain. Anak-anak juga dapat membedakan dan mengenal berbagai macam warna.

5. After school class

Kelas ini untuk usia 4-13 tahun. Di dalam kelas ini, anak-anak akan mendapatkan pelajaran layaknya sekolah. Ada jadwal khusus dalam kelas ini. Jenis legonya juga disesuaikan dengan jadwal.

Misalnya pada hari sabtu adalah kelas robotic. Lego yang tersedia pun juga berbagai macam bentuk robot. Selain itu anak – anak juga akan mengetahui sistem kerja robot.

Lokasi Bricks 4 Kidz terletak di Jl Pangeran Antasari No 18, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Untuk waktu operasional adalah setiap hari mulai pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB.

Tarif tiket masuk sebesar 100.000 IDR per anak. Sementara untuk menghadiri kelas workshop khusus akan dikenakan tarif sebesar 150.000 – 250.000.

6. Kidzania

Tempat liburan di jakarta untuk anak-anak ini mempunyai konsep yang sangat unik. Dimana anak – anak akan berperan sebagai orang dewasa. Jadi anak-anak pun akan mengenal berbagai macam profesi serta tugas apa saja yang dilakukan sesuai dengan profesi masing-masing.

Ada 71 paviliun yang tersedia. Setiap paviliun didesain menyerupai tempat sungguhan, seperti rumah sakit, supermarket, SPBU, sekolah, kantor polisi dan lain-lain. Masing-masing paviliun juga tersedia fasilitas penunjang sesuai dengan jenis tempat.

Lokasi dari kidzania terletak di Pacific Place Mall Lantai 6, Jl Jend Sudirman Kav 52-53, Jakarta Pusat. Untuk waktu operasional setiap hari mulai pukul 09.00 WIB-20.00 WIB. Sedangkan untuk kontribusi masuk sebesar 100.000 IDR per anak.

7. Planetarium

Planetarium merupakan galeri luar angkasa. Tempat liburan di jakarta ini, anak-anak akan menjelajah dunia luar angkasa. Mulai dari sistem tata surya hingga fenomena-fenomena luar angkasa, seperti proses jatuhnya meteor. Anak – anak pun akan mengenal berbagai macam planet dan benda luar angkasa.

Wisata edukasi yang telah berdiri sejak 1969 adalah tempat pembelajaran sekaligus tempat wisata favorit setiap orang. Karena itulah Planetarium selalu menjadi incaran para wisatawan. Sebab suasana di tempat tersebut sangat khas akan luar angkasa.

Pada weekend akan diadakan suatu pertunjukan yang bertema galaxy dan segala hal tentang dunia luar angkasa serta sistem tata surya. Jadwal pertunjukan setiap jam 09.30 WIB dan 13.30 WIB. Namun sebaiknya harus buru-buru supaya tidak kehabisan tiket.

Sebagai tempat wisata favorit, sangat disayangkan karena waktu operasional sangat terbatas. Untuk hari senin-jumat, hanya diperuntukkan para rombongan yang telah melakukan reservasi pada hari sebelumnya. Sedangkan untuk perorangan hanya pada hari sabtu dan minggu. Sedangkan pada hari libur nasional tutup.

Lokasi dari Planetarium berada di Taman Ismail Marzuki, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat. Tarif tiket masuk Planetarium tergolong cukup murah. Untuk orang dewasa sebesar 12.000 IDR, sedangkan untuk anak-anak sebesar 7.000 IDR.

Itulah tempat liburan di jakarta yang sangat edukatif dan sangat baik untuk perkembangan anak. Selain itu juga akan memperoleh serta menambah pengetahuan. Secara tidak langsung juga dapat mengajarkan dan membiasakan anak melakukan hal positif di waktu luang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.