Daftar Tempat Makan Romantis Di Jakarta Dengan Konsep Budaya Nusantara

Posted on

Sebagai kota metropolitan, pasti tersedia berbagai macam tempat makan romantis di jakarta. Konsep yang diusung setiap tempat makan pun berbeda – beda. Sehingga dapat memilih konsep tempat makan yang sesuai dengan passion. Namun beberapa tempat makan di bawah ini mengusung konsep tradisional, namun mempunyai kesan yang tidak kalah romantis dengan tempat makan berkonsep modern.

1. Omah Sendok

Konsep yang diusung oleh restoran ini adalah tradisional of javanese culture. Budaya Jawa yang dijadikan sebagai tema adalah khas priyayi jogja. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai macam menu makanan dan minuman yang tersedia. Namun ada juga menu makanan dari daerah lain seperti Betawi.

Ada hal yang menarik dari daftar menu makanan dan minuman. Beberapa makanan dan minuman adalah olahan tradisional yang kini telah sulit dijumpai seperti wedang ronde.

Untuk menu makanan yang tersedia antara lain bandeng priyayi, ayam bakar, soup gurame, soto tangkar, gado – gado, bestik jawa, tahu telur, karedok dan lain – lain. Sedangkan untuk menu minuman di omah sendok seperti wedang ronde, bir Pletok dan lain – lain. Walaupun sebagian besar merupakan olahan lokal namun penyajiannya sangat berkelas.

Sedangkan untuk konsep bangunan romantic forest dan merupakan tempat makan romantis di jakarta. Restoran tersebut dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan yang sangat terjaga. Sehingga suasana dalam restoran menyerupai hutan belantara. Dengan adanya ornamen white lampion, telah membuat kesan dari hutan belantara menjadi cukup romantis.

Oleh sebab itu omah sendok juga sering dijadikan lokasi moment romantis dan cukup intim. Moment tersebut seperti acara lamaran, pernikahan, bridal shower, resepsi dan lain – lain. Untuk menunjang kesan romantis, di omah sendok tersedia paket menu couple. Harga menu couple di omah sendok cukup murah dan dibandrol mulai dari 200.000 IDR.

Lokasi dari omah sendok berada di Jl Taman Empu Sendok No 45, Selong, Kebayoran Baru. Untuk waktu operasional dari restoran tersebut setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

2. Warung Halo Niko

Restoran yang satu mengusung tema yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa dan Yunani. Ide dari perpaduan antara kedua budaya tersebut disebabkan oleh pemilik restoran sendiri. Mereka adalah pasangan suami istri yang berasal dari budaya yang berbeda. Sang istri Rika Hardjosuwarno adalah keturunan Jawa, sedangkan sang suami Nikolaus Avgoustinos keturunan Yunani.

Di restoran tersebut juga tersedia berbagai macam olahan Yunani dan javanese. Konsep ruangan pun juga campuran antara bangunan Eropa Yunani dan tradisional java. Hal tersebut terlihat jelas dari interior dan eksterior hingga ornamen gedung.

Gedung restoran menggunakan konsep rumah kaca. Sehingga bagian outdoor restoran dapat terlihat sangat jelas. Pada bagian outdoor terdapat kolam renang. Selain itu juga dipenuhi dengan tumbuhan yang membuat kesan dari restoran seperti gardening.

Meja dan kursi restoran terdapat 3 jenis, yaitu minimalis modern, tradisional Yunani dan tradisional java. Untuk meja dan kursi dengan konsep minimalis mungkin bukan hal yang sangat asing. Karena banyak restoran yang memang menyediakan meja kursi minimalis.

Sedangkan untuk meja kursi dengan konsep Eropa Yunani pun terkesan sangat klasik. Terlihat sangat jelas dari bentuk kursi yang menyerupai kursi kereta kuda Eropa kuno.

Sementara meja kursi dengan konsep tradisional java terlihat sangat kuno. Dengan kursi anyaman dan meja kayu sangat menonjolkan kesan javanese era kolonial. Terlebih lagi dengan adanya lentera kuno yang menambah efek jadul.

Tetapi perpaduan antara dua budaya tersebut membuat kesan romantis dari warung Halo Niko. Dengan adanya konsep gardening membuat suasana dari restoran sangat sejuk dan nyaman.

Untuk menu Yunani yang tersedia meliputi merida beef, souvlaki chicken, greek lamb chops, pita skepasti beef, spinach lazania, mezze mezee, lukaniko pita dan lain – lain. Sedangkan menu olahan jawa yang tersedia meliputi bihun udang, lotek, sate, ayam panggang dan lain – lain.

Di Halo Niko juga tersedia menu paket couple. Harga menu tersebut dibandrol mulai dari 200.000 IDR. Porsi yang disajikan adalah porsi untuk 2 orang.

Lokasi dari warung Halo Niko sendiri terdapat di Gedung Promenade lantai 13, Jl warung Buncit Raya No 98,  Jakarta Selatan. Untuk waktu operasional pada Weekday mulai pukul 09.00 WIB – 22.00 WIB.  Sedangkan untuk weekend pada pukul 12.00 WIB – 20.00 WIB.

3. Sweet Hut PIK

Tema yang diusung oleh Cafe ini adalah colorful. Warna yang mendominasi Cafe adalah warna – warna yang cerah. Konsep dari Cafe Sweet Hut PIK adalah modern minimalis. Namun tempat tersebut juga mempunyai kesan romantis. Sehingga sering dijadikan sebagai romantic dinner untuk para remaja bersama dengan pasangannya.

Cafe sebagai tempat nongkrong di jakarta yang ada live music. Dengan alunan lagu lembut semakin menambah kesan romantis dari Cafe tersebut.

Menu utama dari Cafe Sweet Hut PIK adalah desert. Berbagai macam olahan dessert yang manis dengan berbagai varian dan kreasi. Namun ada pula menu makanan berat. Untuk jenis makanan berat, sebagian besar adalah olahan western.

Lokasi dari Cafe Sweet Hut PIK terletak di Rukane Cordoba Blok E no Jl. Lokasi tersebut terdapat di Jl pantai marina Indah, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Cafe tersebut dibuka mulai pukul 11.00 WIB – 23.00 WIB.

4. Smarapura Traditional And Resto

Lokasi dari Smarapura Traditional and Resto terletak di Jl Tebet Timur Dalam II No 43, Tebet,  Jakarta Selatan. Restoran tersebut dibuka mulai pukul 10.00 WIB – 23.00 WIB.

Letak dari restoran Smarapura dekat dengan pantai. Jadi dapat merasakan kesejukan dari suasana pantai ketika makan. Dengan adanya view pantai, mampu menjadikan restoran tersebut menjadi romantis.

Smarapura Traditional And Resto juga mengusung konsep budaya nusantara. Kebudayaan yang dijadikan sebagai referensi adalah budaya Bali. Nama dari Smarapura diambil dari bahasa Bali. Arti dari kata tersebut adalah tempat indah dan menyenangkan.

Konsep dari bangunan Smarapura juga sangat khas dengan Bali. Sehingga pengunjung seperti terasa berada di Bali. Walaupun pada kenyataannya tempat tersebut berada di Jakarta Selatan.

Desain interior dan eksterior dari Smarapura sangat kental dengan nuansa Bali. Bahkan terdapat berbagai macam ornamen yang merupakan ajaran agama Hindu, seperti salah satu patung dewa yang tersedia. Bahkan pelayan di restoran tersebut menggunakan pakaian adat Bali.

Daftar menu makanan dan minuman pun juga merupakan olahan tradisional Bali, misalnya ayam betutu. Namun ada juga olahan lain yang juga merupakan olahan lokal dari berbagai daerah. Smarapura Traditional And Resto juga menjadi tempat makan romantis di Jakarta Selatan yang murah.

Itulah 4 daftar tempat makan romantis di jakarta selatan. Walaupun sebagian besar menggunakan konsep budaya nusantara, tetapi tempat yang tertata dengan rapi telah menghilangkan kesan kampungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.