8 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Populer

Tempat wisata di Jakarta Timur yang terpopuler adalah Taman Mini Indonesia Indah. Kota Administrasi yang memiliki moto “Bambu Apus” sangat terkenal dengan banyaknya tempat wisata terutama wisata belanja. Namun jangan salah, Jakarta Timur juga memiliki banyak tempat-tempat bersejarah dapat melestarikan budaya.

Tempat bersejarah tersebut, ada yang dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya Monumen Pahlawan Revolusi. Kota dengan luas hampir 190 kilo meter dengan jumlah kepadatan lebih dari 15000 jiwa, memang sangat membutuhkan tempat wisata yang memadai. Kepadatan penduduk dan kendaraan, sering memicu stres yang berlebih karena aktifitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, pemerintah kota Administrasi Jakarta Timur, dengan semangat membangun objek rekreasi untuk menarik masyarakat lokal maupun luar kota. Berikut ini beberapa referensi tempat wisata di Jakarta Timur yang sudah banyak dikenal masyarakat.

1. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Dengan luas hampir 150 hekta dan mendapatkan dukungan penuh dari Direktorat Wisata Indonesia Kota Jakarta Timur Daerah khusus Ibukota Jakarta, TMII sukses menggambarkan Indonesia dalam bentuk mini. Mulai dari miniatur 26 daerah di Indonesia dengan budaya yang mereka miliki seperti rumah adat, koleksi busana, sampai sajian khas daerah.

Pemandangan unik yang disuguhkan di TMII adalah bentuk permukaan bumi di Indonesia, yang berlokasi di tengah-tengah danau. Selain itu, terdapat objek wisata tambahan yang semakin membuat TMII makin menarik dan edukatif, yaitu adanya pertunjukan Teater Tanah Airku, museum, dan pertunjukan teater IMAX Keong mas.

Harga tiket masuk TMII juga tergolong sangat murah, yaitu Rp.10.000, saja. Kamu juga bisa dapat kapan saja, namun akan sangat padat pengunjung ketika hari libur. Jam operasional  mulai dari pukul 7 pagi hingga 10 malam. Dan untuk lokasi berada di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

2. Taman Anggrek Indonesia

Tentu, dari nama tempat, kita sudah bisa tahu apa isi dari taman ini. Tempat ini disebut juga surganya anggrek. Ratusan jenis anggrek yang berasal dari seluruh dunia ada disini. Taman ini juga menjadi salah satu ikon bagi Jakarta Timur.

Disini, kamu tidak hanya bisa menikmati kecantikan bunga anggrek, tetapi kamu juga bisa belajar teknik budidaya anggrek langsung dari ahlinya. Kamu juga bisa membeli bunga anggreknya, atau hanya sekedar berkeliling menikmati keindahan taman yang ada.

Lokasi taman Anggrek tidak jauh dari kawasan TMII, kurang lebih 1 KM dari TMII. Dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 3 sore. Kamu hanya perlu membayar parkir saja. Jangan khawatir, taman Anggrek ini memiliki lahan parkir yang luas, cukup menampung hingga 500 pengunjung.

3. Taman Bambu

Nah, seperti moto kota ini “Bambu Apus”, karena terdapat taman bambu yang memikat. Sebagai paru-paru kota Jakarta Timur, taman ini menjadi tempat favorit bagi masyarakat Jaktim, terutama masyarakat Cipayung. Biasanya masyarakat ramai berkunjung di sore hari.

Fasilitas yang ada di Taman Bambu diantaranya fasilitas bermain anak, tempat berbelanja, dan sarana olah raga serta gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk santai atau nongkrong bersama teman. Untuk menikmati fasilitas yang ada, kamu tidak perlu merogoh kocek sama sekali alias gratis, karena taman terbuka hijau ini milik pemerintah.

4. Telaga Arwana Cibubur

Telaga Arwana Cibubur merupakan salah satu tempat wisata keluarga sekaligus wisata kuliner. Terdapat berbagai jenis fasilitas yang dapat kamu dan keluarga nikmati. Seperti outbound, kolam renang, kolam lumpur, tempat menangkap ikan, Waterpark, saung sawah, motor ATV, hingga wisata tanam padi dan bajak sawah.

Harga tiket masuk yaitu Rp.8000,- dan kamu akan dikenakan biaya lagi untuk masuk di wahana. Untuk berenang di waterpark, dikenakan biaya Rp.30.000,- outbound Rp.30.000,- serta Rp.20.000,- untuk permainan tangkap ikan. Telaga Arwana Cibubur buka setiap hari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

5. Among Skyworld

 

Kamu ingin merasakan suasana di ruang angkasa? Among Skyworld adalah pilihan yang tepat. Terdapat beberapa bagian dari tempat wisata ini, yaitu Digital Planetarium yang menyerupai kubah masjid berisi tata surya seperti planet, matahari, bulan, dan komet.

Selanjutnya ada Space Action Photo Booth. Disini kamu bisa berfoto dan berselfie dengan latar ruang angkasa. Dan bagian terakhir adalah Space Exhibition yang berisi tentang bentuk luar angkasa secara keseluruhan .

Among Skyworld merupakan bagian dari TMII. Lokasinya berada di kawasan TMII. Buka setiap hari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Tiket masuk sebesar Rp.70.000/orang. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa kunjungi alamat website resminya.

6. Istana Anak-Anak Indonesia

Tempat wisata ini juga masih menjadi bagian dari TMII. Lokasinya berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Istana Anak-Anak dibangun khusus untuk sarana rekreasi anak-anak, yang biasa juga disebut sebagai istana boneka.

Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah bangunan istana menyerupai kastil di kartun Cinderella. Bagian ini menjadi spot favorit untuk berfoto. Di bagian dalam gedung, tidak hanya tersedia arena permainan kekinian untuk anak, tetapi juga terdapat sarana belajar budaya. Mulai dari musik tradisional hingga pertunjukan wayang dan gamelan.

Untuk masuk kedalam gedung, kamu dikenakan biaya tiket masuk tambahan sebesar Rp.10.000,- Jika enggan untuk masuk, kamu juga bisa menikmati fasilitas gratis di luar gedung seperti taman bermain anak dan kolam buatan. Tempat wisata anak ini buka setiap hari pukul 08.30 pagi hinga pukul 5 sore.

7. Museum Keprajuritan Indonesia

Nah, setelah puas berjalan-jalan di wisata alam dan wisata anak, saatnya kita berkunjung ke museum. Salah satu museum yang populer adalah museum Keprajuritan Indonesia. Museum ini berlokasi kawasan Taman Mini Indonesia Indah, di jalan Raya Taman Mini, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Museum ini dikelilingi oleh perairan yang menggambarkan sebagai bentuk pertahanan dan menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan. Di Dalam museum disajikan diaroma, fragmen patung dan relief, baik diluar maupun didalam. Harga tiket masuk museum sebesar Rp.4000,- dan buka setiap hari pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

8. Snowbay Cipayung Waterpark

Snowbay menjadi salah satu rekreasi kelas dunia, karena menggunakan salju. Kelebihan dari taman ini adalah terdapat kolam ombak dengan ketinggian hingga 3 meter. Terdapat juga kolam arus yang merupakan kolam arus terpanjang di Indonesia. Dan yang tak kalah menarik adalah Seluncuran Kembar pertama di Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap tentang fasilitas, harga tiket, dan promo yang sedang berlaku, kamu bisa mengunjungi website resmi dari Snowbay.

Tempat wisata di Jakarta Timur masih banyak lagi, terutama di kawasan TMII. Taman Mini layaknya Indonesia versi kecil yang tidak akan habis dikunjungi satu-persatu dalam waktu satu hari. Nah, pilihan tepat jika kamu memilih Hotel Desa Wisata TMII Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta sebagai tempat menginap. Harganya juga sangat terjangkau dengan pilihan kamar yang banyak, jadi bisa menyesuaikan dengan kantong kamu. Jadi, sudah siap keliling Jakarta Timur belum? Yuk segera agendakan. Selamat berlibur.

Leave a Comment