7 Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah

Posted on

Tempat wisata Jakarta murah meriah sebenarnya cukup banyak jika mau ditelusuri. Sebab, meskipun Jakarta adalah ibu kota dan sebagai pusat kesibukan bukan berarti semua tempat di komersilkan ya. Setidaknya ada beberapa tempat wisata di Jakarta yang murah dan seru untuk Anda kunjungi.

Artikel kali ini akan coba mengulas tentang daftar tempat wisata yang bagus dan murah di Jakarta berikut ini.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Objek wisata di Jakarta yang satu ini pas untuk jadi tujuan rekreasi tepat utamanya bagi anak-anak sebab tempat ini sangat bernuansa edukasi. TMII cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. TMII dikenal juga dengan sebutan miniaturnya Indonesia. Sebab, disini Anda akan bisa melihat gambar rumah-rumah adat dari seluruh daerah di Indonesia.

TMII berdiri diatas lahan seluas 150 hektar. Berlokasi di Jakarta Timur dan beroperasi setiap hari mulai Senin hingga Minggu. Anda akan dikenakanan tarif masuk berbeda -beda sesuai dengan wahana yang ingin Anda coba.

2. Tugu Monumen Nasional (Monas)

Tugu Monumen Nasional atau yang lebih populer dengan sebutan Tugu Monas merupakan bangunan yang merupakan ikonnya ibu kota Jakarta. Konstruksi bangunan bercat dominan putih itu berdiri dengan kokoh setinggi kurang lebih 32 meter.

Sudah sejak lama monumen ini menjadi simbol kemerdekaan Indonesia. Bangunan yang digagas oleh Ir Soekarno ini pada mulanya dibangun guna mengenang jasa pahlawan kemerdekaan yang gugur selama berjuang.

Nah, jika Anda ingin berlibur sekaligus menggali sejarah tentang Indonesia tercinta, bisa mengunjungi Monas sebagai tujuan liburan Anda. Tugu Monas sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore, jadi jika ingin naik ke puncak jangan kurang dan melebihi jam operasional ya.

Untuk harga tiket masuk yang diberlakukan cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 5.000,- untuk dewasa, Rp 3.000,- untuk mahasiswa, sementara untuk anak-anak Rp 2.000,- saja.

Jika ingin naik ke tugu dengan menggunakan lift, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp 5000,- untuk anak-anak dan mahasiswa.

3. Kota Tua (KoTu)

Jalan-jalan ke Kota Tua bisa jadi referensi liburan alternatif Anda saat sedang tidak ada pekerjaan. Disini Anda bisa menikmati suasana potret Jakarta di masa lampau. Dengan melihat arsitektur bangunan-bangunan tua Anda akan larut terbawa suasana Batavia yang begitu klasik.

Fasilitas wisata yang ada di Kotu juga beragam mulai dari museum hingga sewa sepeda untuk berkeliling-keliling kawasan. Hanya dengan membayar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,- saja Anda sudah bisa mendapatkan pengetahuan tambahan tentang gambaran Jakarta di masa lalu.

Keindahan dan keharmonisan kota tua semakin terasa dengan banyaknya pedagang yang akan mulai bermunculan saat hari menjelang senja hingga malam hari. Aneka makanan dan produk souvenir dijual oleh para pedagang keliling.

Soal kuliner, Anda tidak perlu bingung, di Kotu juga tersedia café dan restoran yang siap untuk Anda kunjungi. Semakin malam suasana di Kotu akan semakin syahdu, terlebih jika hari libur panjang tiba. Akan sangat ramai.

4. Kebun Binatang Ragunan

Jika di Jogja ada Gembira Loka Zoo maka di Jakarta ada Ragunan. Kebun binatang ragunan sendiri berlokasi di Jalan Harsono No 1, Ragunan, Jakarta Selatan.

Di kebun binatang ini setidaknya terdapat 270 -an spesies hewan dan sekitar 171 spesies bunga dan tanaman hijau. Kebun binatang Ragunan merupakan pusat konservasi flora fauna pertama di Indonesia. Dibangun sejak 1984 dengan luas kawasan yang mencapai 140 hektare.

Harga tiket masuk untuk dewasa ialah sebesar Rp 4.000/orang dan untuk anak-anak sebesar Rp 3.000,-. Tarif tiket masuk tersebut belum termasuk bila hendak mencoba wahana tertentu seperti menaiki kuda tunggang, kereta keliling, dan lainnya.

5. Kepulauan Seribu

Jika Anda belum pernah menikmati view lautan di ibu kota, nampaknya Anda perlu datang ke kepulauan Seribu. Disini Anda akan menjumpai pulau-pulau indah dan memukau di tengah laut. Untuk mencapai pulau tersebut Anda juga akan diajak untuk menyeberangi laut dengan kapal yang otomatis akan memaksa Anda untuk menikmati indahnya lautan Jakarta.

Sesuai dengan namanya, kepulauan seribu, artinya terdapat banyak pulau-pulau kecil yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang datang. Sebut saja Pulau Bidadari, Pulau harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan pulau-pulau kecil lainnya. Di pulau-pulau tersebut Anda bisa menikmati indahnya lautan lepas di pinggiran Jakarta, menyaksikan sunset dan view indah lainnya.

Untuk sampai di pulau Seribu, Anda harus menyebrang laut dengan menggunakan kapal dari Muara Angke. Tarif yang dikenakan berbeda-beda sesuai dengan rute keberangkatan yang ingin dilewati. Adapun umumnya biayanya sebesar 40 hingga 75 ribu rupiah.

Sementara itu meski membayar, Anda harus menyesuaikan diri dengan jam operasional yang berlaku. Jam pelayan pembelian tiket dilayani mulai pukul 06.30 sampai 7.30 WIB. Sementara jam keberangkatan dari Muara angke adalah sekitar jam 08.00 WIB. Untuk angkutan balik dari pulau ke pesisir diberangkatkan pukul 13.00 WIB.

6. Dunia Fantasi (dufan)

Tempat wisata di Jakarta murah selanjutnya ialah Dufan atau Dunia Fantasi. Dufan berlokasi di Jakarta Utara, tepatnya di kawasan taman impian Jaya Ancol.

Di Dufan ini Anda bisa menikmati beragam wahana permainan yang unik dan menarik.

Seperti misalnya wahana yang didesain layaknya area kawasan eropa. Wahana ini seolah mengarahkan kepada pengunjung untuk berfantasi seakan sedang berada di benua Eropa. Alhasil setiap desain elemen yang ada didesain menggambarkan susana umum di Eropa. Dengan begitu, pengunjung anak-anak bisa mengeksplorasi wahana-wahana seru tersebut dan bisa bermain sepuasnya.

Untuk harga tiket masuk Dufan cukup beragam dan terbagi dalam beberapa kategori paket. Untuk tiket reguler dimana berlaku hanya di hari biasa, HTM-nya sebesar Rp 190.000,-. Sementara untuk weekend dan hari libur sebesar Rp 270.000. Untuk info harga tiket masuknya bisa berkunjung langsung ke Dunia Fanatsi di kawasan Ancol.

7. Ocean Ecopark

Di daftar selanjutnya, ada Ocean Ecopark yang merupakan salah satu lokasi wisata alam buatan di Jakarta. Berlokasi di kawasan yang sama dengan TMII yaitu di Ancol, wisata ini menawarkan sensasi wisata yang berbeda dari yang lain.

Di kawasan Ocean Ecopark tersaji wahana-wahana tematik dan asyik untuk dinikmati. Ada sekitar 4 tema seperti Eco Care, Eco Energy, Eco Art, dan Eco Nature.

Untuk harga tiket masuk wisata ini adalah sebesar Rp 25.000,- per orang, tarif ini belum termasuk biaya parkir kendaraan. Selain itu, pengunjung ingin menikmati permainan-permainan lain seperti kano dan paintball juga akan dikenakan biaya tambahan.

Nah, itu dia 7 tempat wisata Jakarta murah meriah yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat dan keluarga. Sebagian besar dari tempat-tempat tersebut memang membanderol HTM dengan cukup murah sehingga tidak heran jika banyak pengunjung berdatanga. Semoga artikel ini bisa menajdi gambaran untuk Anda yang tengah mencari tempat wisata murah meriah di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.