Tempat Wisata Alam Jakarta Terbaru Paling Indah

Posted on

Wisata Alam Jakarta masih banyak yang bisa kita temui meski kita tahu bahwa banyak pula kawasan perumahan mewah seperti halnya Pantai Indah Kapuk (PIK). Di sekitar PIK, terdapat taman wisata alam mangrove Angke Kapuk Jakarta Utara yang berupa hutan bakau dan dikelola oleh Pemprov Jakarta. Hutan mangrove merupakan sebuah destinasi wisata yang menyajikan lahan konservasi denganragam fasilitas rekreasi.

Kalian bisa datang, tidak saja menikmati quality time bersama orang-orang yang kalian sayang, kalian juga diuntungkan oleh pemandangan yang cantik. Selepas dari sini, Anda bisa langsung post semua foto-foto cantik kalian yang instagrammable. Kalian bisa berkeliling hutan dengan latar belakang pohon bakau bewarna hijau yang menyejukkan. Lebih seru lagi jika kalian mencoba perahu dayung di danau sembari mengitari huutan. Dan jika masih ada waktu, atau jika kalian hendak bermalam di sini, ad rumah kayu yang berada di atas air.

1. Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk

 

 

Taman wisata alam Pantai Indah Kapuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta, berada di Jl. Garden House, Rt 08 Rw 01 Penjaringan, Kota jakarta Utara. Sementara itu, pengunjung bisa datang setiap hari namun dengan harga yang berbeda satu sama lain.

Untuk harga tiket masuk Taman Wisata Alam Angke Kapuk dipatok dengan harga Rp 25,000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 250,000 untuk wisatawan mancanegara. Selain harga tiket masuk, pengeluaran lainnya yakni mengenai biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua dipatok Rp 5000, kendaraan roda empat atau mobil yakni Rp 15,000 dan kendaraan roda enam atau bus dipatok Rp 50,000.

Biaya lainnya yakni tiket untuk masuk wahana yang tersedia. Untuk perahu, naik perahu 6 orang dipatok dengan harga Rp 250,000, naik perahu untuk 8 orag dipatok dengn harga Rp 350,000. Sementara itu, untuk perahu duyung/kno dipatok Rp 10,000 tiap menit.

Jika Anda berlibur sembari menginap, Anda bisa menyewa penginapan yang sudah disediakan. Untuk biaya sewa rumah tenda atau camping ground di atas tanah dipatok dengan harga Rp 300,000 dengan maksimal 2 orang. Untuk biaya sewa rumah tenda di atas air tanpa AC dipatok Rp 450,000 per malam dengan masimal 2 orang.

Jika Anda ingin mencoba yang lainnya, Anda bisa menyewa rumah tenda di atas air dengan AC hanya dengan membayar Rp 600,000 permalam untuk maksimal 2 orang.Sedangkan untuk biaya sewa penginapan vila per malam yakni Rp 1,300,000 hingga Rp 6,000,000. Anda bisa datang berkunjung di jam buka setiap harinya yakni mulai pukul 07.00-19.00 WIB. Namun sebaiknya Anda datang di pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca panas.

Keindahan yang nampak diĀ  Taman Wisata Alam Angke Kapuk sudah tidak diragukan lagi, namun sayangnya pihak taman wisata alam Jakarta tidak membolehkan membawa kamera lain selain kamera smartphone. Jadi bagi kalian yang terbiasa membawa kamera DSLR, terbiasa memotret dengan gaya fotografi, sebaiknya Anda menyimpan terlebih dahulu kebiasaan Anda.

Hal tersebut sebenarnya memiliki tujuan baik yakni agar tempat ini tidak terlalu diketahui dan kelestarian bisa terjaga. Namun bukan berarti tidak diizinkan sama sekali. Jika Anda memang menginginkan atau butuh untuk mengambil foto di lokasi ini, Anda bisa menghubungi petugas yang berjaga untuk mengajukan izin. Selain itu, Anda juga akan diharuskan membayar uang periizinan sebesar Rp 1,000,000 untuk 7 orang.

2. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Namun sebenarnya, selain Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta Utara, ada tiga kawasan konservasi lainnya di Penjaringan. Ketiganya yakni Suaka Margasatwa Muara Angke khusus kegiatan penelitian, Kawasan Ekowisata Mangrove Education Center serta Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang populer sebagai spot foto.

Ekowisata Mangrove Education Center banyak digunakan untuk memancing, sedangkan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk memiliki tawaran yang lebih menarik. Hal ini dikarenakan adanya berbagai fasilitas. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya:

Pondok Kemah

Seperti yang sudah disinggung di awal, di sini anda jugabisa datang dan melakukan kegiatan berkemah baik dengan membaw tenda sendiri atau menyewa langsung di pondok kemah yang disediakan oleh TWA. Selain Pondok Kemah, di sini juga disediakan vila-vila pondok alam dengan kapasitas 20 orang sekaligus dilengkapi dengan appi unggun.

Kantin Lesehan

Anda juga tidak perlu ribet untuk membawa bekal makanan karena di sini sudah tersedia tempat makan yakni kantin lesehan, yang merupakan satu-satunya rumah makan di TWA Angke Kapuk. Enaknya, di sini Anda bisa memilih apakah menggunakan lesehan atau bisa juga menggunakan meja kursi untuk makan. Selain itu, ada background kantin sangat instagrammable karena dihiasĀ  dengan payung-payung yang tergantung di langit-langit.

Jembatan Gantung dan Pengamat Burung

Adapun fasilitas lainnya yakni jembatan gantung dan pengamat burung. Di dua lokasi ini paling banyak dikunjungi untuk berfoto. Selain karena background yang cantik, jembatan burung juga mudah untuk ditemukan karena letaknya yang berada di pinggir jalan. Sayangnya jembatan pengamat burung berada di ujung jalan setapak mangrove. Di sini, selain melihat burung, berbagai gedung pencakar langit di kawasan pantai Indah Kapuk juga bisa nampak dan bisa dijadikan background foto yang menarik.

Penanaman Bibit Mangrove

Jika selama ini Anda selalu mengeluhkan panasnya tinggal di Jakarta dengan udara yang sumpek, Anda bisa setidaknya menyumbang oksigen dengan menanam bibit mangrove. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut di KWA Angke Kapuk, nda bisa menghubungi pengeloa dan membayar Rp 150, 000 untu tiap pohonnya.Program ini sebenarnya sudah banyak diminati oleh berbagai sekolah, perusahaan dan bahkan juga kampus.

Taman Bermain Anak

Fasilitas lainnya yang tersedia disini yakni tersedianya taman bermain anak-anak sehingga bagi Anda yang memiliki anak kecil tak perlu cemas. Taman bermain anak-anak di sini tersedia dalam tiga wahana permainan.

Jalur Bersepeda

Ada lagi fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik yang disedikana di sini yakni adanya jalur sepeda sehingga memudahkan Anda untuk mengelilingi hutan magrove. Hutan mangrove di sini memiliki luas sekitar 99,82 hektare namun Anda tidak perlu jalan kaki untuk mengelilinginya, Anda sangat terbantu dengan adanya jalan untuk sepeda.

Cara untuk menuju ke Hutan Mangrove

Jika Anda berada di luar Jakarta Utara, arah menuju lokasi ini mungkin sedikit jauh namun Jakarta memiliki ragam moda transportasi. Apalagi, baru-baru ini sudah diresmikan MRT dan sebentar lagi akan diresmikan moda transportasi LRT. Tentu hal ini akan sangat memudahkan Anda yang hendak berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jarak yang jauh.

Atau Anda bisa juga menggunakan KRL turun di stasiun Jakarta Kota, atau naik bus Transjakarta dan turun di halte Monas atau Kota dan berganti moda transportasi BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) yang menuju ke arah PIK. Kemudian, Anda bisa turun Yayasan Budha Tzu Chi selanjutnya perjalan tidak lagi jauh. Jadi apakah Anda masih tidak tertarik untuk berkunjung ke wisata alam Jakarta?

Leave a Reply

Your email address will not be published.