Temukan Berbagai Tempat Instagramable Di Jakarta

Posted on

Tempat instagramable di Jakarta yang tidak banyak diketahui oleh orang. Jakarta adalah kota metropolitan di mana banyak orang yang datang ke kota ini. Sebagai ibu kota Indonesia dan juga pusat bisnis, Jakarta harus terlihat elok.

Jalanan kota Jakarta ini tidak pernah sepi. Berbagai kendaraan berlalu lalang dan banyak orang yang ramai menggunakan jalan raya. Julukan kota termacet sudah melekat pada kota Jakarta ini. Gedung-gedung pencakar langit dan padatnya jalanan Jakarta membuat kota ini seolah tak memiliki celah.

Namun, walaupun Jakarta terlihat sesak padat dengan gedung dan ramainya kendaraan, masih terdapat beberapa tempat yang indah. Di tengah sesaknya Jakarta, masih ada spot foto yang bisa dijadikan objek fotografi. Di era milenial ini, banyak anak muda yang hobi hunting foto terutama di tempat-tempat menarik.

Tempat-tempat ini sangat fotogenik mulai dari tempat dengan suasana tempo dulu atau vintage hingga tempat yang modern. Kita bisa menemukannya di berbagai sudut kota Jakarta. Di bawah ini beberapa tempat yang bisa dijadikan spot foto di Jakarta.

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan TMII merupakan tempat wisata yang sudah tidak asing lagi. Berbagai kalangan dapat merasakan indahnya Indonesia lewat TMII ini. Di TMII juga banyak pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia dari sabang hingga merauke.

Selain itu TMMI juga memiliki banyak spot menarik untuk hunting foto. Ada berbagai macam anjungan atau miniatur rumah adat dari tiap provinsi di Indonesia. Di anjungan ini juga terdapat beragam pakaian adat dan tradisi lainnya. Pengunjung dapat mengambil foto sepuasnya tanpa ada pungutan biaya.

Selain berbagai rumah adat, di bagian tengah TMII ini ada semacam miniature Indonesia lengkap dengan pulaunya. Selain miniatur kebudayaan Indonesia, juga terdapat berbagai macam wahana untuk anak-anak.

2. Petak Sembilan di Glodok

Petak Sembilan atau yang lebih dikenal dengan kawasan pecinan ini memiliki spot foto yang ciamik. Kawasan pecinan petak Sembilan di Glodok ini memiliki beberapa klenteng yang membuatnya bernuansa seperti di Tiongkok.

Dari klenteng-klenteng tersebut, terdapat datu klenteng yang paling terkenal di kalangan warga Jakarta. Klenteng tersebut bernama Vihara Dharma Bakti atau yang lebih dikenal dengan klenteng petak Sembilan.

Klenteng ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat beribadah, namun juga sebagai tempat wisata yang bagus untuk foto di Jakarta. Klenteng ini beralamat di Jalan Kemenangan No 40 Jakarta. Warga yang datang mengunjungi klenteng ini dapat berfoto secara bebas tanpa dipungut biaya.

Spot foto yang banyak diminati pengunjung adalah di sekitar klenteng. Terdapat banyak spot foto yang bisa digunakan untuk berfoto. Hal ini dikarenakan klenteng ini merupakan vihara yang tertua di Jakarta. Vihara atau klenteng ini dibangun oleh Kwee Hoen pada tahun 1650. Kwee Hoen adalah salah satu Letnan berkebangsaan Tiongkok yang bertugas di Jakarta.

Di daerah Petak Sembilan ini, tidak hanya terdapat vihara tertua yang menarik untuk dijadikan spot foto. Terdapat juga Gereja yang bernuansa Tionghoa. Gereja ini adalah Gereja Katolik kuno yang memiliki arsitektur khas pecinan. Beberapa pengunjung juga memanfaatkan Gereja ini sebagai tempat hunting foto.

3. Museum Taman Prasasti

Tempat instagramable di Jakarta yang selanjutnya adalah Museum Taman Prasasti. Museum Taman Prasasti ini merupakan komplek pemakaman yang beralamat di Jalan Tanah Abang 1 No 1 Jakarta Pusat. Pemakaman ini khusus untuk memakamkan mantan jendral Belanda dan kolonial Belanda.

Walaupun museum ini adalah komplek pemakaman, namun tempat ini jauh dari kata seram. Hal ini dikarenakan letaknya yang di tengah kota dan ramai. Dari kabar yang beredar, di pemakaman ini sudah tidak ada jenazah dan hanya ada batu nisan saja. Seluruh jenazah sudah dipindahkan ke pemakaman lain.

Batu nisan yang tertinggal di sini, tidak seperti batu nisan pada umumnya. Karena dulunya tempat ini untuk menguburkan jenazah kolonial Belanda, maka batu nisan yang digunakan sangat besar. Batu-batu nisan besar tersebut penuh dengan tulisan dalam bahasa Belanda dan ditata dengan rapi.

Dari kejauhan, batu-batu nisan tersebut terlihat sangat cantik. Oleh karena itu, banyak yang menjadikannya spot fotografi. Tidak hanya batu nisan Belanda, di pemakaman ini juga terdapat beberapa patung khas Eropa. Patung-patung ini terawat sehingga masih terlihat indah.

Museum taman Prasasti ini merupakan komplek pemakaman tertua yang ada di dunia. Museum ini dibangun pada tahun 1795 pada masa penjajahan Belanda. Sebagai salah satu peninggalan sejarah, Museum ini merupakan tempat yang sangat anti mainstream untuk berfoto.

4. Kota Tua

Kota Tua merupakan salah satu tempat yang bagus buat hunting foto di Jakarta. Kota tua sudah sangat populer bagi masyarakat Jakarta dan warga pengunjung yang ingin berwisata di Jakarta.

Kawasan Kota Tua terkenal karena suasana dan juga bangunannya yang bernuansa vintage. Pemandangan yang klasik ini membawa keindahan tersendiri saat mengambil foto. Di kawasan Kota Tua ini terdapat salah satu bangunan yang paling terkenal yaitu Museum Fatahillah.

Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah No 1 daerah Pinangsia. Tempat ini terkenal sekali karena dulunya adalah pusat pemerintahan Belanda saat penjajahan. Museum Fatahillah ini memiliki halaman yang cukup luas di bagian depan. Halaman ini sering digunakan oleh warga Jakarta untuk melakukan beragam aktivitas.

Selain berfoto di kawasan Museum Fatahillah, pengunjung juga bisa berkeliling dengan menggunakan sepeda. Di sini ada tempat penyewaan sepeda bagi pengunjung yang tidak ingin kelelahan.

Kota tua merupakan kawasan wisata yang lengkap mulai dari spot foto yang menarik hingga tempat untuk melakukan beragam aktivitas. Banyak yang melakukan sesi pemotretan di kota tua ini baik untuk koleksi pribadi maupun untuk pre wedding.

5. Le Bridge Restaurant di Ancol

Ancol merupakan kawasan pantai yang terkenal di Jakarta. Pantai Ancol ini juga memiliki pemandangan yang eksotis. Selain menjadi tempat favorit untuk berlibur bersama keluarga, Ancol juga memiliki tempat hunting foto yang instagramable.

Le Bridge Restaurant merupakan salah satu tempat yang memiliki desain unik dan menarik. Terletak di dalam kawasan pantai Ancol, jembatan ini menyuguhkan pemandangan yang indah di malam hari.

Ditemani gemerlapnya lampu sepanjang jembatan, pemandangan ini sangat romantis. Terlebih lagi jika pengunjung datang di sore hari. Akan ada sunset yang indah yang bisa dinikmati dari jembatan ini.

6. Ekowisata Mangrove

Tempat yang terakhir adalah kawasan ekowisata mangrove. Walaupun Jakarta terkenal dengan gedung bertingkat, namun ada juga kawasan hutan mangrove. Hutan ini terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk daerah Jakarta Utara.

Tempat instagramable di Jakarta yang satu ini memberikan suasana sejuk. Selain hutan mangrove, terdapat juga hutan bakau. Hutan ini dapat dijelajahi dengan menggunakan perahu. Jadi, bagi para pecinta wisata alam, hutan mangrove ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.