Jalur Pintu Masuk Ancol Terbaik

Pintu masuk ancol ada 2 buah macam, yaitu pintu masuk jalur darat dan laut. Dengan lokasi yang terletak di pantai, membuat taman fantasi ancol sangat strategis. Dapat ditempuh dengan jalur darat dan laut.

Jalur Pintu Masuk Ancol

foto: https://www.instagram.com/praz_ngetren/

Ada beberapa titik pintu masuk kawasan ancol yang dapat dilalui para wisatawan, yaitu titik pintu masuk barat, timur dan laut. Walaupun tersedia 3 titik pintu masuk, bukan berarti semua pintu masuk tersebut dapat dimasuki begitu saja.

Ada beberapa ketentuan dari setiap pintu masuk kawasan ancol. Hal tersebut berupa jenis alat transportasi yang digunakan setiap pengunjung.

Bagi pengunjung yang menggunakan jalur laut, dapat menggunakan destinasi transportasi laut pada pelabuhan / dermaga terdekat. Untuk dermaga yang dekat dengan kawasan ancol adalah dermaga pantai Marina. Biasanya yang menggunakan jalur laut pintu masuk kawasan ancol adalah pengunjung yang berasal dari Kepulauan Seribu maupun hendak berwisata ke kepulauan tersebut.

Untuk titik masuk pintu masuk kawasan ancol yang kedua adalah jalur pintu masuk bagian barat dan timur. Untuk jalur pintu masuk tersebut dapat dimasuki oleh pengunjung yang menggunakan jalur darat, seperti motor, mobil ataupun bus.

Bagi pengunjung yang berasal dari daerah timur seperti Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur dapat memasuki kawasan ancol dengan pintu masuk Timur. Sedangkan untuk pengunjung yang berasal dari arah barat seperti Tangerang, Banten hingga Sumatera dapat memasuki kawasan ancol melalui pintu masuk barat.

Selain itu bagi yang menggunakan alat transportasi umum telah tersedia setler khusus untuk kawasan ancol. Hal tersebut merupakan salah satu gerakan supaya pengunjung lebih menggunakan alat transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Selain biaya kontribusi untuk transportasi murah, pengguna BRT sekarang mendapatkan berbagai perlakuan khusus.

Bukan hanya akses BRT, namun tersedia juga akses MRT. Dengan jalur tersebut juga lebih memudahkan pengunjung yang hanya berasal dari luar Jakarta, bahkan para wisatawan mancanegara. Ada pula akses pintu masuk ancol dari stasiun ancol.

Akses Menuju Ancol Dengan Busway

foto: https://www.instagram.com/kunangkecil/

Sebagai destinasi wisata favorit, telah disediakan pintu masuk ancol dari halte busway. Untuk menggunakan jalur BRT atau busway, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu tidak semua bus mengarah ke kawasan ancol. Setiap jalur busway mempunyai jalur masing – masing.

Daftar jalur BRT / busway di bawah ini dapat dijadikan sebagai referensi sekaligus panduan transportasi umum yang menuju ke kawasan ancol.. Hal ini juga dapat memudahkan pengunjung yang berasal dari Jakarta yang belum begitu paham tentang jalur BRT Jakarta. JadiĀ  dapat dipastikan tidak akan tersesat.

Berikut ini adalah jenis jalur BRT yang mengarah ke kawasan wisata Ancol :

1. Rute Kampung Melayu – Ancol

Untuk bus dari setler kampung melayu dapat mengarah langsung menuju ke Ancol. Jadi tidak perlu transit 2 / 3 kali. Waktu yang diperlukan untuk menuju ke destinasi lebih cepat.

2. Rute Pulo Gadung – Ancol

Setler Pulo Gadung juga dapat mengantarkan menuju ke kawasan ancol. Tetapi untuk rute ini harus melakukan transit supaya sampai ke destinasi. Ada 2 macam transit untuk rute ini.

Rute yang pertama adalah rute Pulo Gadung – Harmony. Untuk BRT jurusan Pulo Gadung – Harmony, turun ke setler pasar senen. Kemudian transit menuju ke arah ancol.

Sedangkan untuk rute yang kedua adalah rute Pulo Gadung – Dukuh Atas 2. Pada rute ini, turun di setler Mataram 2. Kemudian harus menuju ke setler Mataram 1 dengan berjalan yang berada di seberang jalan. Setelah berada di setler Mataram 1, transit menuju ke BRT jurusan Ancol.

3. Rute Ragunan – Ancol

Selain setler kampung melayu dan Pulo Gadung, setler Ragunan juga dapat membawa wisatawan yang hendak menuju ke kawasan ancol. Untuk rute ini, ada 3 buah transit yang dapat membawa wisatawan menuju ke destinasi.

Untuk BRT pertama yang dituju adalah BRT jurusan Ragunan – Monas dan turun di Monas. Kemudian ambil transit yang menuju ke arah setler Harmony. Sementara untuk transit yang terakhir adalah BRT yang menuju ke arah ancol.

4. Rute Blok M – Ancol

Untuk rute busway menuju ke Ancol yang terakhir adalah rute Blok M – Ancol. Untuk rute ini mungkin memakan waktu yang cukup lama. Karena harus melakukan transit sebanyak 3 kali.

Pertama ambil BRT jurusan Blok M – kota. Lalu turun di setler Monas untuk transit dengan ambil BRT jurusan Pulo Gadung – Harmony 2. Setelah itu turun di setler pasar senen dan transit menuju ke destinasi ancol.

Tiket Masuk Ancol

foto: https://www.instagram.com/handayani412.sh/

Biaya kontribusi tiket masuk ke kawasan wisata Ancol sebesar 25.000 IDR per orang. Biaya tiket tersebut hanya merupakan akses masuk menuju ke Ancol. Sedangkan untuk memasuki setiap wahana harus mengeluarkan kontribusi sesuai dengan biaya yang telah ditentukan. Namun ada juga beberapa wahana yang free atau gratis.

Fasilitas yang diterima oleh pengunjung dengan tarif kontribusi akses ke Ancol adalah bus wara wiri. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas bus tersebut sesuka hati untuk mengelilingi kawasan wisata Ancol serta untuk menuju ke wahana pilihan.

Untuk fasilitas bus wara wiri ancol selalu stan by di pintu masuk ancol dari halte busway. Jadi setelah turun dari BRT dapat langsung naik bus ancol untuk memasuki wahana yang hendak dituju.

Jumlah bus wara wiri ancol sangat memadai, yaitu 119 unit bus. Para pengunjung pun tidak perlu berdesakan ataupun berdiri. Karena dapat memilih bus selanjutnya yang masih tersedia bangku kosong. Adapula fasilitas bus khusus bagi penyandang difabel atau disabilities.

Setiap wahana mempunyai biaya kontribusi yang berbeda – beda. Begitu pula dengan perbedaan tarif kontribusi pada weekday maupun weekend. Sekedar tips supaya biaya kontribusi lebih hemat, gunakan annual pass untuk transaksi. Sebab sebagian besar diskon dan promo hanya untuk pengguna annual pass.

Keuntungan Pengunjung Yang Menggunakan Akses BRT Di Destinasi Wisata Ancol

Bagi pengguna BRT Jakarta akan mendapatkan fasilitas khusus ketika mengunjungi kawasan wisata Ancol. Fasilitas tersebut berupa free tiket akses masuk menuju ke kawasan ancol.

Fasilitas tersebut diadakan secara langsung oleh BUMD DKI Jakarta dan PT Pembangunan Jaya Ancol, pihak yang mengelola ancol. Fasilitas tersebut berlaku sejak 1 Januari 2019. Setiap pengunjung yang datang dengan BRT akan mendapatkan 1 tiket akses masuk gratis.

Ada batasan waktu untuk promo tersebut. Promo pengguna BRT Jakarta memang berlaku setiap hari dari mulai pukul 00.00 WIB – 18.00 WIB.

Itulah review lengkap mengenai jalur pintu masuk ancol, fasilitas khusus bagi pengguna BRT hingga rute jalur bus terbaik. Supaya akses lebih mudah, gunakan e-money untuk transaksi BRT. Ada berbagai macam fasilitas e-money dari berbagai macam bank konvensional dan layanan berbasis perbankan lainnya yang suport untuk pembayaran tiket BRT.

Leave a Comment