Tempat Wisata Jakarta Selatan Unggulan

Ada berbagai macam tempat wisata Jakarta Selatan, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, edukasi dan lain-lain. Dari semua tempat wisata yang ada, di Jakarta Selatan terdapat taman yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata utama. Dengan kondisi Jakarta yang penuh dengan polusi, berwisata di taman dapat menyejukkan saluran pernapasan.

1. Ragunan Zoo

Ada sebuah kebun binatang legendaris yaitu graha wisata ragunan kota jakarta selatan, daerah khusus ibukota jakarta. Sebagai kebun binatang yang tertua, koleksi binatang di Ragunan cukup kompleks daripada kebun binatang lain. Selain binatang, berbagai jenis tumbuhan pun dapat dilihat di kebun binatang tersebut.

Setiap hari pengunjung juga akan dihibur dengan berbagai macam pertunjukan. Tokoh utama pertunjukan adalah para binatang. Mereka akan melakukan atraksi dan kemampuan yang mereka miliki.

Untuk lokasi dari Ragunan Zoo di Jl Harsono No 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Wilayah kebun binatang Ragunan yang sangat luas hingga mencapai ±140 hektar, membuat lokasi dari kebun binatang tersebut melintasi beberapa jalan. Walaupun lokasi utama berada di Jl Harsono, namun secara geografis juga melintasi Jl Kebagusan Raya, Jl sagu dan Jl Saco.

Letak dari tempat wisata tersebut sangat strategis dan ada berbagai macam halte BRT yang berada di sekitar destinasi tersebut. Jadi bagi yang menuju ke Ragunan Zoo, dapat turun di halte Ragunan itu sendiri. Selain itu juga dapat turun di setler Jl Saco 1 maupun setler Jl Kebagusan 3.

Selain sebagai kebun binatang tertua, Ragunan Zoo juga merupakan kebun binatang terbesar di Indonesia. Wahana yang tersedia pun juga sangat kompleks, meliputi wahana children Zoo, wahana khusus orang hutan, swimming pool, wahana danau, dan lain – lain.

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata tersebut juga tidak tanggung – tanggung. Bahkan telah pihak pengelola telah berperan aktif dalam bidang pendidikan. Fasilitas yang tersedia di Ragunan Zoo antara lain SMP dan SMA negeri Ragunan, penginapan, sport training centre untuk pelajar, rumah sakit binatang dan lain – lain.

Untuk tarif kontribusi masuk ke Ragunan Zoo juga sangat murah. Tarif untuk anak – anak hanya sebesar 3.000 IDR, sedangkan untuk dewasa hanya 4.000 IDR.

Untuk pembayaran tiket atau transaksi lain di Ragunan telah tidak menerima uang cash, namun e-money. Sehingga pengunjung harus mempunyai kartu jakckard yang bisa diperoleh di Ragunan atau BANK DKI. Selain kartu tersebut, Ragunan Zoo juga dapat menerima transaksi dari jenis kartu dan e-money lainnya.

2. Kampung Wisata Setu Babakan

Tempat wisata setu babakan merupakan wisata budaya khusus suku Betawi. Sehingga di wilayah tempat wisata tersebut hanya sebatas kebudayaan Betawi. Tempat wisata tersebut didirikan oleh pemerintah pada tahun 2.000.

Tujuan utama dari tempat wisata budaya tersebut adalah untuk melestarikan suku dan sekaligus budaya Betawi. Jakarta yang merupakan daerah asal dari suku Betawi dan sekaligus sebagai ibukota negara, membuat Jakarta menjadi pusat perekonomian nasional dan dunia.

Sehingga banyak investor dan imigran yang memanfaatkan Jakarta sebagai ladang bisnis dan tempat pencaharian. Sehingga di Jakarta pun didirikan berbagai gedung guna untuk wadah bisnis. Masing – masing imigran asing pun juga masih mempertahankan tradisi dan kebudayaan masing – masing.

Karena jumlah imigran yang bertambah setiap tahunnya dan bahkan hampir melebihi jumlah penduduk asli betawi, menyebabkan suku tersebut tersisih. Walaupun sebagian besar suku betawi masih mendiami Jakarta, namun seolah – olah termarginalisasi secara perlahan dengan imigran lain.

Dengan adanya kampung wisata setu babakan, membuat keberadaan dari suku betawi asli terlindungi. Kebudayaan dari suku Betawi pun tidak pudar serta dapat bertahan hingga kini.

Luas dari kampung wisata setu babakan sebesar ±30 hektar. Tempat wisata tersebut mempunyai berbagai macam wahana, fasilitas hingga pertunjukan khas Betawi.

Salah satu wahana yang tersedia di setu babakan adalah wahana air. Wahana tersebut merupakan danau buatan yang menyediakan berbagai macam water sport dan aktivitas air lainnya. Ada 3 buah danau buatan di wilayah tersebut. Sedangkan aktifitas yang dapat dilakukan di area danau seperti memancing, sepeda air, perahu angsa dan lain – lain.

Sedangkan wahana utama adalah kompleks perkampungan Betawi. Di kompleks tersebut penuh dengan rumah adat khas Betawi serta didiami suku asli betawi. Bahkan masyarakat dalam wilayah tersebut masih menggunakan pakaian adat Betawi.

Selain itu setu babakan menyediakan wisata kuliner. Ada berbagai macam olahan khas Betawi yang tersedia. Bahkan olahan tersebut mungkin telah jarang dijumpai lagi di Jakarta. Olahan kuliner Betawi meliputi bir Pletok, kerak telor, es selendang mayang, ketoprak dan lain – lain.

Pengunjung pun juga dapat menyaksikan pertunjukan khas Betawi. Namun pertunjukan tersebut tidak diselenggarakan setiap hari. Seni pertunjukan khas Betawi seperti lenong, ondel – ondel, tanjidor dan lain – lain. Tetapi setiap hari diadakan latihan pencak silat yang merupakan seni bela diri khas Indonesia.

Wisata setu babakan jagakarsa jakarta selatan daerah khusus ibukota jakarta berlokasi di Jl KM Kahfi II RT 13/7, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jaksel. Tepat di depan kampung wisata tersebut tersedia setler BRT. Jadi memungkinkan pengunjung yang hendak berwisata dapat menggunakan alat transportasi umum.

Sedangkan untuk kontribusi parkir di setu babakan tidak tersedia sama sekali atau gratis. Pengunjung hanya dikenakan tarif kontribusi biaya parkir bagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk tarif motor sebesar 2.000 IDR dan mobil sebesar 5.000 IDR.

3. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya merupakan tempat wisata Jakarta Selatan favorit seluruh masyarakat jagakarsa dan juga wisatawan lain. Selain di taman tersebut tidak dikenakan tarif kontribusi apapun, pesona dari taman Tabebuya juga menjadi pusat perhatian.

Di taman tersebut terdapat tanaman yang mendominasi area taman. Tanaman tersebut bernama tanaman Tabebuya yang berasal dari Brasil. Bagian yang menarik dari taman tersebut, yaitu bunganya.

Bunga Tabebuya berwarna merah muda dan kuning. Bentuk bunga sangat mirip dengan bunga sakura. Sehingga dari kejauhan pohon Tabebuya nampak seperti pohon bunga sakura.

Karena itulah waktu tepat mengunjungi Taman tersebut, saat pohon telah berbunga dengan lebat. Pada saat itu juga akan dimanfaatkan pengunjung untuk hunting foto. Entah untuk sekedar selfie, pre wedding, photography hingga keperluan komunitas. Namun sebaiknya jangan salah membedakan antara pesona dari taman Tabebuya dan taman sakura Jepang.

Lokasi dari taman Tabebuya terletak di Jl Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jaksel. Untuk waktu operasional taman mulai dari pukul 06.00 WIB-18.00 WIB. Bagi pengunjung yang menggunakan alat transportasi umum, dapat turun di setler taman Tabebuya.

Itulah daftar 3 tempat wisata Jakarta Selatan unggulan. Sebagai destinasi wisata unggulan tempat wisata tersebut selalu ramai dan menjadi incaran para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Leave a Comment